Bappeda Aceh: Fungsikan Cold Storage agar Nelayan Tak Buang Ikan ke Laut

Pejabat Bappeda Aceh melakukan sidak ke lokasi cold storage Lampulo Banda Aceh.@aceHTrend/Hasan Basri

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Dalam beberapa hari terakhir tangkapan ikan oleh nelayan Aceh melimpah dan tak mampu ditampung oleh pasar. Akibatnya, nelayan terpaksa membuang ratusan ton ikan tangkapannya ke laut.

Menyikapi fenomena tersebut, pejabat Bappeda Aceh bersama Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) melakukan sidak ke cold storage (gudang penyimpanan ikan) di Lampulo, Banda Aceh, Senin (20/5).

Cold storage di Lampulo telah selesai dibangun dengan dana dari APBN TA 2016/2017 senilai Rp 19 miliar, tapi sampai saat ini belum difungsikan.

Kabid Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Ketenagakerjaan Bappeda Aceh, Marthunis Muhammad ST DEA, meminta DKP agar segera memfungsikan cold storage itu sehingga tidak membuang ikan ke laut saat tangkapan melimpah, dan pada saat harga mulai membaik nelayan dapat menjualnya lagi ke pasar.

Cut Aswina, Kabid Pengolahan Ikan DKP, mengatakan saat ini cold storage dalam proses pelelangan lembaga pengelolaan.

Marthunis meminta agar DKP mencari cara agar nelayan dapat menyewa cold storage dimaksud saat inj. Cold storage itu mampu menampung sekitar 200 ton ikan.[]

KOMENTAR FACEBOOK