Diduga Selundupkan Senpi, Mantan Pangdam IM Ditangkap

ACEHTREND.COM,Jakarta- Mayjen TNI (Purn) Soenarko, bekas Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda, ditangkap dan ditahan di Rumah Tahanan Militer Guntur. Bekas Danjen Kopassus itu ditahan karena diduga terlibat kasus penyelundupan senjata api.

Hal ini disampaikan oleh Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi, Selasa (21/5/2019) ketika dikonfirmasi oleh wartawan. Sisriadi menyebutkan, yang bersangkutan telah disidik oleh penyidik dari Mabes Polri dan POM TNI. Dilakukan di Narkas Puspom TNI, Cilangkap.

Pemeriksaan dilakukan secara bersama antara POM TNI dan Polri, karena kasus ini juga melibatkan seorang anggota TNI di level prajurit rendah yaitu Praka BP.

“Keduanya telah ditahan karena dugaan terlibat penyelundupan senjata api,” terang Sisriadi

Soenarko sebelumnya dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh seseorang bernama Humisar Sahala. Laporan ini dilatarbelakangi beredarnya pernyataan-pernyataan Soenarko yang dinilai memprovokasi dan mengadu domba.

“Pernyataan yang membuat keresahan adalah memerintahkan mengepung KPU dan Istana dan kemudian menyatakan seakan-akan polisi akan bertindak keras, tentara tidak,” kata pengacara Humisar di gedung Bareskrim, Mabes Polri, Senin (20/5/2019).

Soenarko dilaporkan dengan Pasal 110 juncto 108 UU Nomor 1 Tahun 1946 KUHP tentang Makar dan Pasal 163 bis juncto 146 KUHP tentang Kejahatan terhadap Ketertiban Umum.[]

KOMENTAR FACEBOOK