Tak Ketahui Pin ATM, Sejumlah Penerima PKH di Bener Meriah Tidak Bisa Cairkan Uang

ACEHTREND.COM, Redelong- Sejumlah masyarakat dari Dusun Sumberjo, Kampung Reronga, Kecamatan Gajah Putih, Kabupaten Bener Meriah,tidak bisa cairkan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) secara mandiri. Hal ini karena pin ATM mereka dirahasiakan oleh pendamping program itu.

Jony Suryawan, salah seorang tokoh madyarakat di sana kepada aceHTrend mengatakan, menurut pengaduan warga kepada pihaknya, dana PKH sudah masuk ke rekening penerima. Akan tetapi todak bisa dicairkan karena pin ATM tidak diberikan oleh pendamping.

“Sejumlah masyarakat datang mempertanyakan hal tersebut kepada saya, setelah saya klarifikasi ternyata mereka tidak mengetahui pin ATM. Pendamping tidak menyerahkan pin kepada mereka,” kata Joni, Minggu (19/5/2019).

Kepala Dinas Sosial Bener Meriah Sayutiman, SE,MM., saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp menyampaikan
pin atm Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), yang mengetahui hanya yang bersangkutan. Sementara Dinsos dalam hal ini tidak berperan terhadap pencairan dananya.

Sayutiman menjelaskan, Untuk pencairan melalui pendamping PKH setempat yang telah ditentukan. Ia menyarankan agar melakukan pengecekan pada pendamping PKH yang bersangkutan.

Aan, salah seorang pendamping PKH setempat menyampaikan sejauh ini tidak bermasalah dengan pencairan dana tersebut, hanya saja penerima PKH terkadang belum begitu mengerti cara melakukan penarikan dengan memakai ATM.

Aan menjelaskan dari awal pihak Bank BRI juga sudah menjelaskan cara penarikan serta memberikan pin ATM kepada masing masing penerima dana bantuan tersebut, dana juga sudah masuk ke dalam rekening.

“Tidak ada kendala sebenarnya dalam pencairan dana. Hanya saja perlu pendampingan lebih lanjut, kadang masyarakat kita hari ini dijelaskan besok sudah lupa, tapi kita akan terus melakukan pendampingan,” jelas Aan.

KOMENTAR FACEBOOK