77 Korban Konflik Aceh Direkomendasikan Mendapat Reparasi Mendesak

ACEHTREND.COM,Banda Aceh- Sebanyak 77 orang korban konflik di Aceh, direkomendasikan mendapatkan reparasi mendesak oleh Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh. Hal ini disampaikan oleh Fuadi Abdullah, SH,MH., anggota Komisioner KKR Aceh, Ketua Pokja Reparasi, Rabu (22/5/2019).

Fuadi, saat konferensi pers di Kantor KKR Aceh, Kuta Alam, Banda Aceh, mengatakan rekomendasi reparasi mendesak tersebut diberikan kepada 77 korban konflik Aceh yang tersebar di 12 kabupaten di Aceh. Adapun kriteria penerimanya adalah cacat, masih mengalami sakit secara periodik atau waktu tertentu, lanjut usia, korban kekerasan seksual, serta miskin.

“Untuk tahap pertama dari 1307 korban yang sudah kami ambil kesaksiannya sepanjang lembaga ini terbentuk, terpilih 77 orang. Ini hasil seleksi ketat dengan menggunakan banyak instrumen sebagai alat ukur,” ujar Fuadi.

Jenis-jenis reparasi mendesak yang akan diberikan adalah layanan medis kepada 34 % korban terpilih, layanan psikososial untuk 19 %, tunjangan hidup untuk 24 % korban terpilih, modal usaha untuk 22 % dan 1 % korban mendapatkan layanan status kependudukan.

Selanjutnya, tambah Fuadi, rekomendasi tersebut diserahkan kepada Badan Reintegrasi Aceh (BRA) sebagai institusi yang berwenang menindaklanjuti, sesuai dengan aturan keuangan yang berlaku.

“Insyaallah tahun 2020 pemberian reparasi mendesak itu diberikan oleh Pemerintah Aceh melalui BRA,” ujar Fuadi. []

KOMENTAR FACEBOOK