Masjid Sultan Hassan II, Masjid Terapung Terbesar Dunia di Bibir Atlantik

Panorama of Casablanca, Morocco

Maroko menjadi negara yang diidam-idamkan para wisatawan untuk berlibur. Negara di Afrika yang dijuluki sebagai matahari tenggelam itu memiliki titik-titik menarik yang menjadi buruan wisatawan untuk dikunjungi. Arsitektur bangunan di Maroko yang mengagumkan telah lama dilirik oleh industri perfilman dan dijadikan sebagai lokasi syuting. Sebut saja seperti film Spectre yang mengambil lokasi syuting di berseberangan dengan Spanyol, Tangier, film Mission Impossible 5, Game of Throne, Troy, dan Kingdom of Heaven di Ait Benhaddou. Beberapa film Prancis seperti Asterix et Obelisk, Napoleon, dan L’anniversaire juga melakukan syuting di Maroko.

Di Maroko juga terdapat tiga lokasi strategis untuk bermain di gurun Sahara yang di siang hari suhu udaranya bisa mencapai 50 derajat celcius. Lokasi tersebut, yaitu Zagora, Foum Zquid, dan Erfoud. Sementara bagi yang ingin bermain ski, ada titik yang disebut dengan Oukaimeden yang merupakan resort ski paling terkenal di Maroko.

Sebagai negara Islam yang separuh penduduknya beragama Islam, Maroko memiliki masjid-masjid yang indah dan menjadi tujuan destinasi islami. Salah satunya, yakni Masjid Sultan Hassan II di Casablanca, kota terbesar di Maroko. Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Mekkah dengan daya tampung mencapai 25 ribu jamaah di dalam mesjid dan 80 ribu jamaah di luar masjid. Adapula yang mengatakan terbesar ketiga setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid ini dirancang pada tahun 1980 oleh arsitek Prancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Gayanya mirip Masjid Cordoba di Spanyol yang sangat artistik. Interior dan eksterior masjid merupakan kombinasi corak Eropa dan Arab. Uniknya, sebagian masjid ini dibangun menjorok ke Samudra Atlantik yang membuatnya terkamufalse seolah-olah terlihat terapung. Karena itu masjid ini dijuluki sebagai masjid terapung terbesar di dunia. Nama masjid diambil dari nama raja Maroko. Keunikan lain masjid ini yaitu menaranya yang mencapai 210 meter yang dinobatkan sebagai menara masjid tertinggi di dunia. Berikut foto-fotonya sebagaimna dikutip dari airpano.com:

Panorama of Casablanca, Morocco
Panorama of Casablanca, Morocco
KOMENTAR FACEBOOK