DPRA Minta Pemerintah Aceh Percepat Realisasi APBA 2019

@aceHTrend/Taufan Mustafa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) membentuk tim Panitia Khusus untuk memantau capaian program dan realisasi anggaran APBA 2018. DPRA juga menyarankan Pemerintah Aceh untuk mempercepat realisasi APBA 2019 yang baru berjalan beberapa belas persen.

Ketua DPRA Sulaiman, dalam sidang Paripurna Istimewa DPRA, Kamis (23/5/2019), memberi apresiasi atas kinerja pihak BPK-RI yang telah bersusah payah dalam melakukan audit laporan keuangan Pemerintah Aceh Tahun Anggaran 2018.

“Apa pun predikat yang kita capai, marilah kita memberi apresiasi dan penghargaan atas kerja keras BPK-RI dan segenap jajarannya di BPK Perwakilan Aceh yang telah melakukan pemeriksaan mendalam atas laporan keuangan Pemerintah Aceh tahun 2018,” kata Sulaiman.

DPR Aceh, sebutnya, akan membentuk panitia khusus untuk melihat secara langsung di lapangan berbagai capaian program dan keuangan, baik yang menjadi perhatian dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK-RI Perwakilan Aceh, maupun program dan keuangan yang disampaikan dalam laporan keuangan Pemerintah Aceh tahun 2018.

“Karena, setelah menerima LHP pejabat terkait wajib menindaklanjuti LHP sesuai dengan peraturan BPK-RI nomor 02 tahun 2017, tentang pemantauan pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan badan pemeriksa keuangan, waktu  yang  diberikan oleh  BPK adalah 60 hari sejak tanggal diterimanya LHP,” katanya.

Menurutnya, ke depan, hal yang menjadi lebih penting untuk menjadi perhatian eksekutif bahwa APBA Tahun 2019 telah ditetapkan tepat waktu akhir Desember 2018. Sementara proses pembangunan agak sedikit lambat berjalan, sesuai data bahwa realisasi fisik dan keuangan baru di kisaran belasan persen.

“Maka kiranya Plt. Gubernur Aceh dapat segera memerintahkan seluruh jajaran untuk meningkatkan kinerja dan merealisasikan APBA 2019 yang sangat dinantikan oleh rakyat Aceh,” kata Sulaiman.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK