Kamal Kharazi, Juara Syarhil Quran Nasional yang juga Youtuber

M. Kamal Kharazi MZ @ist

Belum lama ini, muncul nama M Kamal Kharazi MZ yang berhasil memperoleh juara pertama Cabang Syarhil Quran dalam Olimpiade Quran Se-Indonesia Jilid III tahun 2019 yang diselenggarakan LTTQ Fathullah UIN Jakarta pada 18-21 Apri 2019.

Syarhil Quran adalah seni mentadaburi Alquran yang dibawakan oleh tiga orang, boleh lelaki semua, perempuan semua atau pun lelaki dan perempuan. Salah satu seni pertunjukan islami ini berupa bacaan, terjemahan, atau uraian lain yang terkandung di dalam Alquran tersebut.

Apresiasi untuk remaja asal Aceh Utara itu pun membanjir di media sosial Facebook. Namun tak sedikit pula yang berkomentar satire karena dinilai prestasi Kamal luput dari perhatian pemerintah.

Meskipun pemberitaan tentang Kamal tampak sepi, tetapi Kamal tetap bersyukur atas prestasi yang ditorehkan tersebut karena menjadi momen yang luar biasa baginya. Remaja kelahiran Gampong Meunasah Buket, 11 April 2003 itu pun mengakui bila sejauh ini belum ada apresiasi secara khusus dari pemerintah untuk dirinya.

“Kalau apresiasi dari pemerintah sendiri belum ada Kak, mungkin karena mereka belum tahu aja,” ujar Kamal kepada aceHTrend, Senin (27/5/2019).

Kamal sudah sering mengikuti lomba Syahril Quran, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Penampilannya di kancah nasional pada April lalu memperoleh nilai tertinggi dan masuk ke babak grandfinal yang mengantarnya menjadi juara pertama.

Saat itu Kamal sebagai pensyarah yang menjelaskan isi kandungan Alquran, sedangkan adiknya Muhammad Al walid MZ sebagai sari tilawah, dan Mudasir sebagai tilawah. Anak pertama dari pasangan Munazir dan Maryana itu sekarang menimba ilmu di Dayah Tahfizul Quran El Mukhsini, Aceh Utara. Ia juga seorang hafiz dengan hafalan 20 juz.

Selain itu, remaja asal Buloh Blang Ara, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara ini mempunyai hobi sepak bola. Ia juga merupakan influencer di YouTube dengan akun Kamal MZ dan Instagram @kamalkharazi_mz. Namun, ia lebih senang dikenal sebagai pendakwah dibandingkan seorang youtuber atau instagramer.

Kamal berharap ke depannya akan menjadi seorang pendakwah. Ia juga berpesan kepada generasi muda Aceh agar terus semangat dalam belajar.

“Jangan mudah menyerah karena untuk menuju kesuksesan pasti ada cobaan dan rintangan,” ucap Kamal.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK