Abdya Sabet Peringkat 13 Hasil UNBK 2019 se Aceh

Jauhari (Foto: Ist)

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Upaya peningkatan mutu pendidikan terus digenjot Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan peringkat dari hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ditingkat SD, SMP, dan SMA.

Sebab, di tahun 2017 lalu, kabupaten yang dikenal sebagai negeri breuh sigupai itu berada diperingakat 22 dari hasil UNBK. Posisi itu membuat Kabupaten Abdya berada di posisi kedua terakhir dari 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh.

Di tahun 2018, sepertinya peningkatan mutu pendidikan terus diperbaiki, sebab di tahun itu Abdya mampu meraih peringkat ke 17 dari hasil UNBK. Kemudian, diĀ  tahun 2019 Abdya mampu meraih peringkat ke 13 dari 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh.

“Alhamdulillah hasil UNBK tahun ini mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Tentu peningkatan ini jauh dari prediksi kita, sebab kemarin itu kita hanya memprediksi Abdya mendapatkan peringkat 16 atau 15, namun hasil yang kita dapatkan lebih dari itu. Tentu ini menjadi sebuah prestasi yang harus kita syukuri bersama dan terus kita genjot mutu pendidikan kita kearah yang lebih baik lagi,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Abdya, Jauhari, kepada aceHTrend, Selasa (27/5/2019).

Dalam visi, misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Abdya, salah satu program prioritas adalah meningkatkan mutu pendidikan. Tentunya, dengan usia pemerintahan Akmal-Muslizar yang hampir memasuki dua tahun, membuktikan Aceh Barat Daya mampu untuk menduduki 15 besar hasil UNBK se Provinsi Aceh.

“Dalam visi, misi pemerintah Akmal-Muslizar, salah satu program prioritasnya meningkatkan mutu pendidikan. Alhamdulillah diusia kepemimpinan mereka yang memasuki dua tahun ini kita terus mencoba meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Abdya melalui Disdikbud dan lembaga terkait lainnya,” ujar Jauhari.

Tentunya, kata Jauhari, perolehan peringkat ke 13 ini tidak terlepas dari kerja keras para guru dalam mendidik, membina, mengajar dan mengembangkan potensi siswa disekolah masing-masing. Selain itu, masukan dari pimpinan juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Abdya.

“Sebagai kepala dinas, kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi para guru dalam mendidik, sehingga dari tahun ke tahun, kita terus mengalami perobahan-perobahan dalam dunia pendidikan. Maka kami berharap kedepannya semangat perobahan ini terus tertanam pada diri masing-masing guru,” paparnya.

Jauhari mengatakan, kedepan pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Abdya, baik dengan cara pelatihan guru maupun pemanpaatan pedagogik.

“Kita akan terus berusaha semampu kita dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Abdya. Insya Allah untuk tahun depan kita usahakan peringkat pendidikan kita akan mengalami peningkatan dari tahun ini, Insya Allah,” pungkasnya. []

Editor : Irwan Saputra

KOMENTAR FACEBOOK