Ableh Sambut Positif Wacana Mualem Serukan Referendum

Ableh Kandang @aceHTrend/Taufik Ar-Rifai

ACEHTREND.COM,Banda Aceh – Wacana Ketua Umum Partai Aceh, Muzakir Manaf atau Mualem untuk menuntut referendum ditanggapi positif dari sejumlah elite Partai Aceh. Salah satunya dari Ketua KPA/PA Kuta Pasee, Muchtar Hanafiah alias Ableh. Ia mengatakan, wacana referendum yang disampaikan Mualem merupakan bentuk keprihatinan terhadap demokrasi dan rasa keadilan di Indonesia yang kian terpuruk.

“Kita sangat mendukung dan menyambut positif pernyataan Mualem. Ini salah satu upaya bagi masyarakat Aceh untuk menentukan nasibnya sendiri di mana memiliki dua opsi, hidup berdiri sendiri atau bersama Indonesia,” ujar Ableh kepada AceHTrend, Kamis (30/5/2019).

Ableh menjelaskan, sudah sewajarnya Mualem mengeluarkan pernyataan tersebut. Menurutnya, Mualem selaku representatif elite GAM sudah menunjukkan sikapnya terhadap nasib masyarakat Aceh yang terus mempertanyakan hasil realisasi dari butir-butir kesepakatan damai MoU Helsinki. Referendum merupakan sebuah sebuah pesan dan hak mutlak rakyat Aceh untuk menuntut keadilan dan janji-janji yang masih terganjal di pemerintah pusat.

“Kami selaku eks-kombatan yang bernaung di bawah payung KPA siap mendukung dan taat komando terhadap perintah Mualem. Apalagi referendum yang disampaikan Mualem pertanda sinyal bagi pemerintah pusat dan sekaligus solusi bijak masyarakat Aceh untuk memperbaiki nasib rakyatnya sendiri. Ini semata-mata akibat ketidakjelasan dari pemerintah pusat yang sengaja kurang merespons atau sengaja mengabaikan butir-butir kesepakatan damai yang tertuang dalam MoU Helsinki dan turunan UUPA,” tegas Ableh.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK