Tiga Pesan Kapolres Abdya Jelang Lebaran

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Kapolres Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Moh Basori SIK menyampaikan tiga pesan kepada masyarakat menjelang hari raya Idulfitri 1440 Hijriah. Ketiga pesan tersebut menyangkut kehati-hatian para pemudik, penjualan petasan, dan kehati-hatian dalam bermedia sosial. Pesan itu ia sampaikan dalam agenda silaturrahmi dan buka puasa bersama Polres Abdya dengan para jurnalis di Kabupaten setempat di RM Aneka Rasa Blangpidie, Rabu (29/5/2019).

“Dalam menghadapi momen Lebaran ini, kita dari Polres Abdya berpesan agar masyarakat berhati-hati disaat mudik, gunakan kelengkapan kendaraan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkap Kapolres.

Dalam pengamanan Lebaran, Polres Kabupaten Abdya juga akan melakukan gelar pasukan demi memaksimalkan pengamanan warga ketika mudik guna memberikan garansi kepada para pemudik agar tetap lancar dan selamat dalam berlalu lintas.

“Kepada seluruh warga Abdya yang merayakan hari raya Idulfitri nantinya, pihak kepolisian akan melibatkan sekitar 150 orang personel dan juga membuka pos pelayanan yang berlokasi di Satlantas dan Pol Air guna memberikan pelayan kepada masyarakat yang nantinya berwisata ke pantai. Pos pelayanan ini kita buka sekitar 13 hari dimulai 2 hari min H,” ujar Kapolres.

Pembukaan posko tersebut, kata Kapolres, untuk kelancaran masyarakat yang sedang merayakan lebaran. Jika ada kendala, misalnya bencana atau laka lantas, maka pihaknya sesegara mungkin memberikan pelayanan.

“Nanti dari TNI, pihak kesehatan juga ikut membantu dalam pelaksanaan ini.┬áKita harapkan kepada masyarakat agar tetap menjaga situasi selama bulan Ramadan dan Idulfitri dengan tertib, supaya pelaksanaan ini berjalan dengan baik. Dan masyarakat tidak usah ragu-ragu, laksanakan seperti biasa kita berikan garansi untuk keamanannya,” papar Kapolres.

Terkait dengan penjualan petasan, kata Kapolres, sejauh ini sudah dilakukan endataan. Pihaknya berencana nantinya akan melakukan penertiban secara terpadu.

“Bagi yang tidak ada izin penjualan, maka terpaksa kita tertibkan. Memang sejauh ini untuk petasan harus ada izinnya. Di Abdya sendiri sudah ada ditunjuk sebagai kontributornya,” papar Kapolres.

Selain itu, kata Kapolres, untuk menciptakan situasi dan kondisi aman dalam bulan suci Ramadan dan pelaksanan Lebaran, diharapkan bagi pengguna media sosial bijak dalam penggunaannya.

“Kita hidup dalam bermasyarakat tentu ada aturan mainnya. Maka bijaklah dalam menggunakan medsos ini,” kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, kalau ada kritik terhadap apa pun itu, maka mestinya mengunakan kritik yang membangun yang solutif tanpa ada yang merasa tersakiti.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK