Dispenser Disita Petugas, Napi Bakar Rutan Sigli

ACEHTREND.COM, Sigli- Narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Sigli, yang berlokasi di Benteng, Kecamatan Kota Sigli, membakar tempat mereka ditahan.

Kadiv Pemasyarakat Kemenkumham, Meurah Budiman, Senin (3/6/2019) mengatakan pembakaran rutan itu dipicu oleh sikap salah satu orang petugas sipir yang mengambil dispenser air di kamar para napi. Akibat perilaku yang ditunjukan oleh petugas sipir tersebut, napi protes. Akan tetapi pihak sipir menganggap protes itu sebatas angin lalu.

“Akibatnya mereka mengamuk dan membakar rutan tempat mereka ditahan. Kondisi saat ini sudah mulai kondusif, para tahanan masih di dalam tidak ada yang melarikan diri,” ujar Budiman.

Setelah beberapa saat kondisi mulai kondusif. Pihak Rutan Sigli mencoba menenangkan tahanan yang masih mengamuk. Tidak berselang lama kondisi pun terkontrol kembali.

“Setelah berjumpa dengan beberapa orang tahanan yang menjadi perwakilan mereka, dan bernegosiasi mereka sepakat untuk menjaga kondisi aman di dalam lapas,” sebut Budiman.

Rutan Sigli salah satu rutan yang melebihi kapasitas, ada sekitar 400 orang tahanan yang ditampung di dalam rutan tersebut.

Laporan: Ilhami.

KOMENTAR FACEBOOK