Arab Saudi dan Negara Arab Lainnya Rayakan Idulfitri Hari Ini

Suasana lebaran di Saudi. @Saudi Gazette

Perayaan Idulfitri atau Lebaran di Arab Saudi jatuh pada hari ini Selasa (4/6/2019). Di negara Arab lainnya, seperti Uni Emirat Arab dan Kuwait, juga sama.

Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi, seperti dikutip Arab News, pada Senin malam telah mengumumkan awal bulan Syawal jatuh pada hari Selasa. Dasar penetapan hari Idulfitri itu adalah karena bulan sabit atau hilal sudah terlihat dari beberapa wilayah kerajaan pada Senin malam.

Pengadilan Tertinggi Saudi pada hari Sabtu meminta semua Muslim di seluruh Arab Saudi untuk mencoba dan menemukan bulan sabit pada Senin malam, 29 Ramadhan 1440H atau 3 Juni 2019. Setelah hilal terlihat pada Senin petang, maka Ramadahan di negara-negar Arab resmi berakhir.

Di Indonesia, Pakistan, Australia dan negara-negara Asia lainnya, hilal belum terlihat terlihat sehingga Idul Fitri akan jatuh pada hari Rabu (5/6/2019) besok.

Pada kesempatan perayaan Idul Fitri, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman melalui kabel diplomatik mengirim ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam di seluruh dunia.[] Sumber : Sindonews

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK