Google Pun Ikut Mudik Lo

tangkapan layar Google

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Euforia mudik juga ‘dirasakan’ oleh mesin pencari raksasa Google. Sehari sebelum 1 Syawal yang telah ditetapkan pemerintah jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019, Google memasang doodle bertema mudik 2019 di laman pencarian utama.

Doodle ini didominasi warna hijau dengan rangkaian huruf G-o-o-g-l-e sebagai jalan raya yang menjadi akses utama para pemudik di Indonesia. Untuk menyemarakkan doodle tersebut, terdapat gambar berlatar gedung-gedung tinggi menyimbolkan area perkotaan sebagai titik awal keberangkatan pemudik yang umumnya tinggal di kota-kota besar. Semakin jauh perjalanan panorama berganti dengan pegunungan sebagai simbol wilayah pedesaan.

Alat transportasi pemudik juga digambarkan sangat beragam mulai dari kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil, hingga angkutan umum. Di akhir perjalanan, para pemudik digambarkan telah tiba di kampung halaman. Ditandai dengan pelukan bersama anggota keluarga.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, mudik diartikan sebagai aktivitas pulang ke kampung halaman. Di Indonesia, mudik identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari Lebaran seperti Idulfitri dan Iduladha. Namun jumlah pemudik saat Iduladha biasanya cenderung menurun.

Google memang sering memasang doodle-doodle bertema khusus untuk memperingati hari-hari tertentu. Selain tradisi mudik, biasanya Google juga memasang doodle khusus untuk menggambarkan suasana Lebaran.[]

KOMENTAR FACEBOOK