10 Top Kuliner Aceh Bagi Pemudik Rekomendasi GenPi Aceh

Ayam Goreng Kaki Panjang Blang Bintang @Love Indonesia

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, mudik ke kampung halaman di setiap kali hari raya tiba. Saat mudik banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya menyantap makanan yang menjadi andalan daerah tujuan mudik.

Tidak terkecuali Aceh juga mempunyai kuliner yang sangat diidam-idamkan pemudik. Oleh karena itu, sebuah komunitas yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yaitu Generasi Pesona Indonesia (GenPi) membuatdaftar kuliner top Aceh yang bisa dinikmati oleh pemudik yang datang atau pulang ke Aceh.

Menurut Nasrul, anggota GenPi Nasional yang merupakan putra Aceh, mengatakan ia terinspirasi membuat list 10 Top Kuliner Aceh yang bisa menjadi bahan referensi ketika orang lain datang ke Aceh di saat Lebaran ini.

“Berhubung tim di kantor saya sedang sibuk mendesain 10 top destinasi dan kuliner untuk wilayah-wilayah Jawa, jadi saya tak mau kalah dengan mereka dan membuat hal yang sama untuk daerah Aceh. Saya pun menghubungi GenPi Aceh meminta saran untuk membuat 10 Top destinasi dan kuliner di Aceh. Atas persetujuan Kemenpar, ide saya pun ditanggapi baik oleh Kadisbudpar Aceh sehingga terpilihlah 10 top kuliner Aceh sebagai promosi Aceh selama mudik lebaran,” ujar Nasrul yang saat ini berdomisili di Jakarta kepada aceHTrend, Selasa (4/6/2019).

Berikut 10 Top Kuliner Aceh yang disarankan GenPi Aceh. Pertama, sate matang. Makanan khas asal Kabupaten Bireun ini cukup menggoda untuk dinikmati. Bahkan Festival Sate Matang menjadi bagian 100 calender of event di Aceh yang diresmikan Kemenpar.

Kedua, mi Aceh. Sungguh disayangkan bila ke Aceh tidak menyantap mi Aceh yang mempunyai bumbu khas dari rempah-rempah Aceh ini. Bagi pemudik, mi Aceh bisa dijadikan sebagai tujuan kuliner saat libur lebaran.

Ketiga, kopi sanger. Ada yang bilang cuma di Aceh yang bisa menikmati paduan kopi dan susu yang disebut sanger. Bahkan sebagian orang menyebut sanger ialah singkatan dari sama-sama ngerti (sanger). Bagi Anda yang berkunjung ke Aceh, apa salahnya untuk mencoba sanger.

Keempat, kuah beulangong, kelima si reuboh, keenam, kuah plik u. Makanan-makanan tersebut merupakan khas makanan Aceh yang sangat jarang ditemukan di tempat lain.

Perantau yang tinggal du luar daerah Aceh pasti merindukan makanan khas Aceh ini. Seperti Nasrul yang sangat menginginkan makan-makanan tersebut saat mudik ke kampung halamannya di Kabupaten Pidie.

Ketujuh, ayam tangkap, kedelapan, bubur kanji rumbi yang berasal dari Pidie. Kesembilan, mi caluek, dan terakhir eungkot keumamah.

Itulah 10 top kuliner Aceh yang disarankan GenPi Aceh untuk pemudik yang mengunjungi Aceh. Dengan adanya beberapa list tadi akan memudahkan wisatawan untuk menemukan kuliner Aceh yang bisa dinikmatinya saat berkunjung ke Aceh.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK