Semaraknya Takbir Keliling dengan Obor di Ladang Tuha Aceh Selatan

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Warga Gampong Ladang Tuha, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan melakukan takbir keliling dengan menggunakan obor. Takbir keliling tersebut dilakukan sebagai bentuk menyemarakkan hari raya Idulfitri 1440 Hijriah.

Pantauan aceHTrend, takbir keliling itu diikuti oleh berbagai usia, baik anak-anak, pemuda ,dan orang tua. Untuk rutenya, peserta warga mengelilingi setiap lorong yang ada di gampong tersebut.

Khairul Anwar salah seorang pemuda gampong mengatakan, kegiatan takbir keliling dilakukan sebagai ajang kegembiraan dalam menyambut hari kemenangan. Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk kekompakan warga Ladang Tuha dalam merayakan hari raya Idulfitri.

“Takbir keliling ini sudah lama tidak kita lakukan. Jadi budaya lama ini kita coba untuk gaungkan kembali, sehingga kemeriahan menyambut hari raya benar-benar terasa adanya,” ungkap Khairul, Selasa malam (4/6/2019).

Khairul menyebutkan, pelaksanaan takbir keliling dengan menggunakan obor tersebut sangat antusias diikuti oleh warga. Sebab, kegiatan ini kembali mengingatkan mereka pada masa-masa pergelaran takbir di masa lalu.

“Takbir keliling menggunaka obor ini kan sudah lama tidak kita lakukan. Bahkan hampir setiap gampong di Pasie Raja sudah lama tidak melakukan takbir keliling ini. Maka takbir keliling ini mengingatkan kita pada masa lalu,” ujarnya.

Dirinya berharap, takbir keliling menggunakan obor ini agar selalu dilakukan di gampongnya. Sebab, momentum tersebut juga dapat mempererat tali silaturrahmi sesama warga Ladang Tuha.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK