Warga Mulai Kunjungi Destinasi Pantai Cemara Ujung Batee Aceh Selatan

Keindahan Pantai Cemarang Ujong Bate Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan @aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Destinasi wisata Pantai Cemara di Gampong Ujung Batee, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan mulai dikunjungi warga di hari kedua Idulfitri 1440 Hijriah. Pantai yang terletak tidak jauh dari perbatasan Kecamatan Tapaktuan tersebut menjadi salah satu ikon destinasi wisata pantai yang kerap dikunjungi warga.

Bagi pengunjung, destinasi wisata Pantai Cemara Ujung Batee memiliki keindahan tersendiri. Hal itu dibuktikan dengan kerimbunan pohon cemara yang tumbuh di sepanjang bibir pantai. Selain itu, kondisi ombak di pantai tersebut juga sangat bersahabat dengan pengunjung yang ingin menikmati kehangatan air laut.

Meskipun terik matahari, kondisi di Pantai Cemara Ujung Batee masih tergolong sejuk. Sebab, letak pantai tersebut hanya beberapa kilometer dari area pegunungan. Selain itu, kesejukan juga dapat dirasakan dari aliran sungai yang membentang di pinggiran pantai.

Dengan dimanfaatkan destinasi wisata ini juga dapat meningkatkan perekonomian bagi warga setempat. Selain itu, pendapatan asli desa juga bertambah dengan banyaknya warga yang mengunjungi lokasi tersebut. Untuk hari-hari biasa, para pengunjung bebas untuk keluar masuk ke lokasi wisata tanpa dipungut biaya sepeser pun. Namun, di hari-hari tertentu seperti hari raya Idulfitri, Iduladha, dan hari-hari perayaan lainnya, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu per sepeda motor. Sementara untuk satu mobil, pengunjung diharuskan membayar Rp10 ribu.

Selain wisata pantai, lokasi wisata tersebut juga terdapat penjual aneka minuman dan makanan lainnya. Di lokasi wisata tersebut, pihak pengelola kantin juga menyediakan berbagai macam hiasan dan ragam bangunan yang didirikan lebih tinggi dari permukaan laut, sehingga mempermudah pengunjung untuk melihat deretan ombak dari arah ketinggian. Lokasi ini juga sangat strategis untuk mendokumentasikan keindahan alam bagi pengunjung yang memiliki hobi selfie.

Dari informasi yang dihimpun aceHTrend, di lokasi wisata ini juga sering dimanfaatkan para pengantin baru yang mengabadikan momen indah untuk foto pranikah. Lokasi wisata ini pun juga aktif sebagi tempat iftar (buka puasa bersama) di bulan suci Ramadan.

Berkat keindahannya, Pantai Cemara Ujung Batee yang tidak jauh dengan kota kecamatan Pasie Raja ini bukan hanya dikunjungi oleh warga kabupaten setempat. Namun, pengunjung dari kabupaten tetangga pun juga menyempatkan diri menikmati keindahannya. Apalagi saat momen-momen Lebaran seperti saat ini.

Para pengunjung ke lokasi wisata ini dilarang melakukan aktivitas yang melanggar syariat Islam dan perbuatan yang bisa menimbulkan kerugian bagi pengunjung lain. Pengunjung juga diminta untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK