Bandara Malikussaleh Kehilangan 70 Persen Penumpang Saat Arus Balik

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Hingga memasuki arus balik Idulfitri 1440 Hijriah, Bandara Malikussaleh Aceh Utara dilaporkan sepi dari pemudik. Kementerian Perhubungan RI mencatat hanya 36 penumpang yang terbang melalui bandara tersebut.

Kepala Tata Usaha Bandara Malikussaleh, Niswan, saat dihubungi aceHTrend siang tadi mengatakan, angka itu hanya setengah dari kapasitas yang disediakan oleh Wings Air sebanyak 70 kursi untuk pesawat jenis ATR yang melayani rute Kualanamu-Malikussaleh.

Niswan menyebutkan, pihaknya kehilangan 70 persen penumpang memasuki arus balik melalui Bandara Malikussaleh. Sedangkan pada arus mudik sebelumnya mereka kehilangan 35 persen. Hal ini kata dia dipicu oleh kenaikan tiket pesawat yang membuat penumpang memilih transportasi darat.

Dia memperkirakan kondisi itu akan terjadi sepanjang arus balik hingga 10 Juni 2019 mendatang. Meskipun penumpang berkurang kata Niswan, hingga saat ini belum ada pembatalan jadwal terbang maskapai yang melayani rute Bandara Malikussaleh Lhokseumawe – Bandara Kuala Namu (Sumatera Utara) atau pun sebaliknya.

“Tahun lalu, dua maskapai Wings Air dan CitiLink dipenuhi para penumpang arus balik. Sedangkan tahun ini penumpang menurun drastis. Kalau tahun lalu, arus balik itu bisa penuh 70 seat setiap kali terbang,” sebutnya.

Di aplikasi Traveloka, harga tiket pesawat rute Lhokseumawe-Medan pada Kamis, 8 Juni 2019 tercatat seharga Rp798.600 dan pada Sabtu, 9 Juni 2019 turun sedikit menjadi Rp755.700. Harga ini melonjak tajam dibandingkan tahun lalu yang hanya berkisar Rp450-500 ribu untuk rute yang sama.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK