PCI Gosong Telaga Diserbu Warga, Mendesak Dibangun Jalan Elak

ACEHTREND.COM, Singkil – Hari kedua Idulfitri 1440 H, sejumlah objek wisata di Aceh Singkil diserbu ribuan warga, termasuk di antaranya objek wisata Pantai Cemara Indah (PCI) Gosong Telaga, Singkil Utara, Aceh Singkil, Kamis (6/6/2019).

Objek wisata yang hanya terpaut sekitar 20 km dari Kota Singkil itu, sejak pukul 08.00 WIB hingga sore ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah.

Bahkan, ada yang datang dari Kota Subulussalam, Trumon, Aceh Selatan, dan Pakpak Barat, Sumatera Utara.

Mereka tidak hanya menikmati keindahan pohon cemara dan desauan angin laut sembari menikmati makanan yang telah dibawa dari rumah dan kuliner yang dijual di sana.

Tetapi pengunjung juga bisa menyaksikan hamparan laut lepas nan membiru, plus deburan ombak putih yang berkejar-kejaran menuju pantai.

Tak kala asyiknya, pengunjung bisa mandi-mandi air laut yang ombaknya tidak terlalu besar dan bermandi-ria di air sungai yang terpaut tak terlalu jauh dari lokasi wisata.

Pantauan aceHTrend, hampir setiap lokasi dan pondok-pondok wisata yang ada di PCI, penuh ditempati warga.

Para pengunjung duduk santai, melepas penat, bercengkerama, dan makan minum bersama keluarga sembari menikmati tiupan angin laut yang sepoi-sepoi.

“Kami sangat senang datang ke pantai Gosong Telaga ini. Lautnya lepas dan pantainya indah. Sangat elok tempat tidur-tiduran, melepas penat, dan lelah,” ucap Sofyan Lubis pengunjung dari Gunung Meriah.

Warga datang ke lokasi PCI ada menaiki bus, cold diesel, kendaraan roda empat, tak kecuali kendaraan roda dua. Sehingga jalan menuju lokasi wisata padat-merayap dijejeri kendaraan. Malah, sempat macet panjang, semraut, dan lama.

Seorang pengunjung lain Rusdi (39) kepada aceHTrend mengatakan, agar tingkat kunjungan wisata terus meningkat, mereka betah, dan nyaman menikmati keindahan alam, Pemkab Aceh Singkil perlu menambah fasilitas.

Di antaranya, saran Rusdi, Pemkab Aceh Singkil perlu membangun wahana permainan jet ski, tempat parkir, dan musala. Termasuk staiker mancing ikan. Ini sangat sesuai dengan kondisi di PCI Gosong Telaga.

Tak kalah mendesaknya, Pemkab Aceh Singkil, kata Rusdi, harus membangun ruas jalan masuk dan keluar sehingga tidak terjadi kemacetan.

“Setiap kunjungan wisatawan ke pantai ini, baik pada saat Lebaran, hari tolak bala, tahun baru, dan hari lbur lainnya, masalah yang dihadapi selalu macet. Macet terus,” tukas Rusdi.

Jika bisa, Rusdi menyarankan, ruas jalan yang ada sekarang digunakan saja untuk jalur masuk ke objek wisata.

Sedangkan untuk kendaraan yang mau keluar dibangun jalan lain menyusur pantai terus melingkar ke pemukiman penduduk Gosong Telaga Selatan.

“Badan jalan ini telah ada dan telah tembus. Tinggal lagi, merehab dan pengerasan serta pembangunan satu unit jembatan di kawasan makam aulia ditampat,” tutur Rusdi.

Jika ini terwujud, ulas Rusdi, objek wisata Pantai Cemara Indah (PCI) Gosong Telaga bertambah luas dan pengunjung pun semakin betah dan nyaman.

Apalagi bisa terhubung dengan objek wisata spiritual makam panjang Aulia ditampat yang lokasi masih seputaran PCI Gosong Telaga.

Alternatif lain, badan jalan di depan pos penjagaan yang telah ada, Pemkab Aceh Singkil harus segera mempercepat penyelesaiannya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK