Pegiat Literasi Ini Berikan Parsel Berisi Majalah Pengganti Angpao Lebaran

Parsel mini yang disiapkan Bunda Dayah untuk hari Lebaran @aceHTrend/Ihan Nurdin

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Hari raya identik dengan memberikan uang saku atau angpao bagi anak-anak. Tak heran bila jauh-jauh hari sebelum hari raya tiba, para orang tua menukarkan uang pecahan dengan berbagai nominal dalam jumlah yang banyak.

Wajar saja mengingat di hari raya semua anggota keluarga baik yang dekat maupun yang jauh akan berkumpul. Kurang afdal rasanya bila momen berharga ini tak dibarengi dengan memberikan kebahagiaan lebih kepada anak-anak dengan memberinya lembar-lembar rupiah.

Kondisi ini memunculkan meme yang jenaka di media sosial, yakni ketika hari raya tiba, isi dompet anak-anak jadi membengkak, sementara dompet orang tua justru sebaliknya.

Namun, ada yang berbeda yang dilakukan oleh Nurhidayah atau yang akrab disapa dengan sebutan Bunda Dayah. Pegiat literasi yang menggerakkan Kampung Dongeng Aceh ini justru memberikan angpao dalam wujud yang berbeda.

Beberapa hari sebelum Idulfitri tiba, Bunda Dayah yang juga founder Rumah Bakat ini telah menyiapkan sekitar 60 parsel mini yang akan diberikan sebagai hadiah bagi para keponakan dan sanak keluarga lainnya di hari raya. Apa saja isi parselnya?

“Isinya ada jajanan dan majalah anak. Saya ingin supaya anak-anak tidak selalu berorientasi pada uang, dengan memberikan parsel mini seperti ini ada sesuatu yang berguna untuk mereka baca,” kata Bunda Dayah kepada aceHTrend, Sabtu (8/6/2019).

Bunda Dayah mengatakan, banyak momen-momen penting yang bisa disiasati untuk mengajarkan literasi sejak dini kepada anak. Salah satunya melalui momentum hari raya seperti saat ini.

“Majalah ini saya beli dari teman saya dan sudah saya pesan jauh-jauh hari sebelum Lebaran. Semoga dengan angpao seperti ini anak-anak kita jadi terbiasa dengan budaya membaca,” ujarnya.[]

KOMENTAR FACEBOOK