H+5 Lebaran, Harga Cabai di Aceh Singkil Meroket

ACEHTREND.COM, Singkil – Pada H+5 Lebaran, harga cabai merah yang dijual pasar tradisional maupun di pinggir jalan oleh pedagang di Aceh Singkil meroket. Harga melonjak hingga Rp100-110 ribu per kilogram.

“Harga cabe merah melonjak dari harga normal Rp25 ribu per kilogram. Kemudian menjelang Lebaran kemarin sempat Rp80 ribu per kilogram. Sekarang menjadi Rp100 ribu hingga Rp110 ribu per kilogram,” kata salah seorang pembeli, Syahraini, di pasar tradisional Rimo, Gunung Meriah, Aceh Singkil, Ahad (9/6/2019).

Selain cabai merah, bawang putih juga harganya naik menjadi Rp100 ribu hingga 120 ribu. Termasuk rempah-rempah lainnya.

Hal itu diakui salah seorang pedagang, Amran yang berjualan di pasar tradisional tersebut.

Dia mengatakan harga cabai merah, bawang putih, dan rempah-rempah terpaksa dinaikkan karena harga dari pedagang pengumpul juga naik. Akibatnya ia harus menyesuaikan harga di pasaran.

“Harga cabe dan bawang putih itu mengalami kenaikan pada awal Ramadan. Kemudian terus melonjak menjelang lebaran hingga lebaran H+5 ini,” kata Amran.

Pantauan aceHTrend di Pasar Rimo, tomat juga mengalami kenaikan dari harga biasa Rp8 ribu menjadi Rp12 ribu per kilogram, bawang merah menjadi Rp45 ribu per kilogram.

Kenaikan harga ini, membuat warga banyak yang mengeluh karena sangat memberatkan.

“Uang yang kita bawa ke pasar untuk belanja, seakan tidak bernilai. Semua barang kebutuhan naik,” keluh Eva, seorang pembeli lainnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK