Mau Ikut ke Mars Bareng NASA? Begini Caranya

Seorang staff menggunakan kostum ruang angkasa tiruan di pangkalan simulasi C-Space Project Mars di Gurun Gobi di luar Jinchang, Provinsi Gansu, Cina, 17 April 2019. REUTERS / Thomas Peter

Memang masih bertahun-tahun lagi sebelum akhirnya manusia pertama diperkirakan akan mendarat di Mars. Namun, lembaga antariksa Amerika Serikat (AS) NASA memberi kesempatan bagi masyarakat dunia untuk mengirimkan nama mereka ke planet merah itu.

Nama-nama para penduduk Bumi tersebut akan dibawa dalam misi penjelajahan Mars 2020 NASA yang akan diluncurkan pada Juli 2020 mendatang. Pesawat luar angkasa yang diluncurkan tersebut diperkirakan akan tiba di Mars pada Februari 2021.

Misi yang melibatkan kendaraan robotik itu akan menjadi jejak pertama Bumi di planet lain.

“Karena kami tengah bersiap meluncurkan misi bersejarah ke Mars, kami ingin semua orang ikut ambil bagian dalam penjelajahan ini,” kata Thomas Zurbuchen, associate administrator untuk Direktorat Misi Sains NASA di Washington, AS, dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (9/6/2019).

“Ini adalah masa-masa yang sangat menyenangkan bagi NASA karena kami akan melakukan perjalanan ini untuk menemukan jawaban tentang planet tetangga kita dan bahkan mengenai awal mula kehidupan itu sendiri,” tambahnya.

NASA meluncurkan misi Mars 2020 dan misi lainnya untuk mempersiapkan penjelajahan manusia ke planet merah tersebut. Sebagai bagian dari misi besar itu, NASA tengah menjalankan misi untuk kembali mengirimkan manusia ke Bulan pada 2024 mendatang.

Nah, masyarakat yang mengirimkan namanya ke Mars akan mendapatkan suvenir berupa boarding pass. Ini adalah bagian dari upaya NASA untuk mengenalkan misi mereka ke Bulan maupun ke Mars.

Nama-nama para partisipan nantinya akan diukir menggunakan sinar elektron ke atas chip silicon dengan panjang teks lebih kecil dari seperseribu ukuran rambut manusia. Dengan ukuran itu, lebih dari 1 juta nama dapat diukir di atas satu chip.

Chip-chip tersebut akan terbang bersama kendaraan jelajah NASA dengan dibalut penutup kaca.

Bagi Anda yang ingin ikut ambil bagian dan mengirimkan nama dalam misi NASA ke Mars ini, Anda memiliki kesempatan hingga 30 September mendatang untuk mendaftar dan mendapatkan boarding pass di situs web NASA.[] Sumber : CNBC

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK