BMKG imbau Masyarakat Aceh Utara Waspadai Awan Cumulonimbus

ACEHTREND.COM,Lhokseumawe- Badan Meteorogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh menghimbau masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat dan angin kencang di Kabupaten Aceh Utara.

Prakirawan BMKG Malikussaleh, Winda Retha Taranita, S.Tr., mengatakan masyarakat harus waspada saat siang menjelang sore, jika semisal ada penampakan awan cumulonimbus, karena dikhawatirkan berpotensi angin kencang seperti yang terjadi pada Senin (10/6/2019) di beberapa kecamatan di Aceh Utara.

“Kejadian seperti itu (angin puting beliung) tidak bisa diprediksi jauh-jauh hari. Secara lokasi terjadi itu sangat lokal,”Kata Winda kepada acehtrend.com, Selasa (11/6/2019).

BMKG mengimbau masyarakat bersikap waspada apabila muncul awan hitam di langit, serta menghindari bangunan-bangunan yang rapuh dan atap rumah serta bangunan yang mudah roboh. Hindari juga pepohonan.

“Untuk cuaca bulan Juni 2019 pada dasarnya cerah,” katanya.

Menurutnya, cuaca saat ini tidak tergolong ekstrem, angin puting beliung di Aceh Utara itu terjadi secara tiba-tiba dan skalanya juga lokal. Sedangkan cuaca di seputaran perairan Lhokseumawe dan Aceh Utara, umumnya masih normal, dan gelombangnya masih 1,25 meter.

Kondisi itu masih aman untuk para nelayan ingin melaut. Apabila ketinggian gelompang di atas 1,25 meter, pihaknya akan mengeluarkan imbauan.

Foto ilustrasi dikutip dari internet.

KOMENTAR FACEBOOK