Perlombaan Taman Ramadan Meriahkan Lebaran di Samadua Aceh Selatan

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Suasana Lebaran terasa meriah di Gampong Air Sialang, Kecamatan Samadua, Aceh Selatan. Pasalnya di hari ketiga dan keempat Lebaran, diisi dengan berbagai perlombaan dan rangkaian kegiatan Taman Ramadan yang berlangsung pada tanggal (7-9/6/2019).

Kegiatan ini merupakan acara rutin tahunan yang diadakan oleh Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Air Sialang (Hipmas). Peserta perlombaan ialah para santri Taman Ramadan yang telah mengikuti kegiatan Taman Ramadan selama bulan Ramadan.

Kini, tiba saatnya mereka berlomba dan menampilkan pertunjukan yang sudah dilatih saat kegiatan Taman Ramadan. Ada pun rangkaian perlombaan yang dilombakan ialah, salat Subuh, tahfiz, cerdas cermat, hafalan doa sehari-hari, puisi, dan salawat.

Sedangkan lomba hiburan yaitu, tarik tambang, mengambil koin di dalam tepung, lari balon, lari asam di dalam sendok, dan makan kerupuk. Selain itu, juga ada tampilan zikir geleng, drama, tari ranup, musikalisasi puisi, tari kreasi, dan mewarnai.

Acara ini berlangsung siang malam sehingga suasana di Gampong Air Sialang terasa meriah dengan adanya acara tersebut.

“Kegiatan ini sangat istimewa karena dari perlombaan ini kita bisa melihat bakat dan potensi anak-anak yang ada di Air Sialang ini. Selain itu, suasana Lebaran pun terasa meriah, kalau di kampung orang tiga atau empat Lebaran sudah sepi, tapi di kampung kami justru pada saat itulah diramaikan oleh kegiatan perlombaan Taman Ramadan,” ujar Sri Ervina yang merupakan alumni Taman Ramadan kepada aceHTrend (9/6/2019).

Para santri Taman Ramadan pun juga sangat antusias dengan perlombaan ini, bahkan ada yang bersedia menghabiskan Lebaran di Air Sialang, sementara orang tuanya berada di daerah lain.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK