PPI Ujong Serangga Susoh Abdya Tampak Kumuh

Kondisi PPI Ujong Serangga, Susoh, Abdya, @aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terlihat jorok dan kumuh. Pangkalan yang terletak tidak jauh dari lokasi destinasi wisata tersebut terkesan tidak terurus. Sampah bekas plastik es dan sampah lainnya tampak berserakan di lokasi itu.

Salah seorang warga Abdya, Jufri, yang sering membeli ikan di lokasi tersebut mengaku merasa terganggu dengan kondisi PPI. Pasalnya, kata Jufri, lokasi yang sering dikunjungi warga tersebut sangat jauh dari kata bersih. Bahkan, kondisi itu diperparah dengan bau tak sedap yang muncul dari parit-parit di sekitaran PPI yang sudah dipenuhi lumpur hitam.

“Mau tak mau ya kan, kita harus ke sini membeli ikan. Padahal sampah-sampah inikan bisa ditaruk pada satu tempat, tidak seperti ini berserakan,” ungkap Jufri, Rabu (12/6/2019).

Ia menambahkan, jika kondisi tersebut terus dibiarkan dan tidak mendapatkan perawatan, maka tidak tertutup kemungkinan akan menimbulkan dampak lingkungan dan rentan dari penyakit.

“Kalau ini terus dibiarkan, maka akan ada dampak nantinya, baik itu lingkungan maupun penyakit, apalagi daerah ini kalau sorenya banyak pengunjung yang membawa anak-anak,” ujarnya.

Dirinya meminta agar pemerintah daerah melalui dinas terkait menaruh perhatian dengan kondisi ini agar masyarakat Abdya bisa nyaman dalam mendatangi lokasi tersebut.

“Intinya kita menginginkan adanya gerakan kesadaran bersama terkait kebersihan ini. Sebab kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama, maka kita meminta kepada dinas terkait untuk melakukan sosialisasi maupun turun langsung untuk melakukan pembersihan lokasi-lokasi yang ramai dikunjungi warga,” pinta Jufri.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK