Sepasang Beruang yang Terperangkap Jerat di Abdya Berhasil Dievakuasi

Salah satu beruang yang terperangkap jerat @ist

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Dua ekor beruang madu yang terperangkap jerat milik pemburu asal Anjas, Sumatera Utara (Sumut) di Gampong Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil dievakusasi oleh tim Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Aceh Selatan.

Kepala BKSDA Aceh Selatan, Wirli mengatakan, kedua beruang tersebut berhasil dievakuasi sekitar pukul 14.00 WIB, yang turut dibantu oleh masyarakat, Polisi Hutan (Polhut), dan TNI-Polri di wilayah hukum Kabupaten Abdya.

“Sudah berhasil kita evakuasi, sekarang sudah tinggal kita bawa Banda Aceh,” ungkap Wirli, Rabu (12/6/2019).

Wirli menyebutkan, kedua beruang madu tersebut berjenis kelamin betina dan jantan. Untuk berat badan beruang betina mencapai 50kg, sementara yang jantan beratnya hanya 20 kg.

“Kalau tidak salah yang jantan itu anaknya, tapi yang pasti kedua beruang itu sepasang lah, jantan dan betina,” jelasnya.

Akibat terperangkap tersebut, kedua beruang itu mengalami luka di bagian kaki. Sementara kaki beruang jantan sudah mulai membiru dan kondisinya sedikit lemas dari beruang betina.

“Yang betina ini sudah bisa berteriak, tapi kalau yang jantan agak sedikit lemas karena kakinya sudah membiru, sebab daya tahan tubuh yang jantan dan betina jauh berbeda,” kata Wirli.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK