Tanpa Pungli, Pengurusan Paspor di Imigrasi Banda Aceh Selesai Satu Jam

Warga memperlihatkan dokumen kepada petugas imigrasi @aceHTrend/Hasan Basri

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Banda Aceh sudah menerapkan sistem online yang cepat, tepat, transparan, tidak rumit.

Warga yang hendak mengurus paspor hanya perlu mengetahui dan menyiapkan beberapa persyaratan dan kemudian mendaftar nomor antrean melalui aplikasi Layanan Paspor Online. Setelah mendaftar melalui aplikasi peserta akan dapat jadwal antrean; hari, tanggal dan waktu (boleh pilih pagi atau siang).

Selanjutnya datanglah pada jadwal yang telah dipilih dan perlihatkan screenshoot jadwal kepada petugas imigrasi. Persiapkan asli dan fotokopi persyaratan kepada petugas. Setelah itu langsung dipersilakan untuk antre guna pengambilan foto.

Setelah sesi foto peserta harus menyetor biaya di mobil kantor pos yang telah stand by di halaman kantor imigrasi, dan selesai. Biayanya Rp350 ribu sesuai yang tertera di kuitansi, tanpa biaya lainnya.

Hanya butuh waktu di kantor imigrasi sekitar 30-60 menit. Sementara pengambilan paspor empat hari kerja kemudian.

Warga antri menunggu panggilan pengurusan paspor sesuai antrian yg didapat secara online

“Saya datang pukul 14.15 dan pukul 15.00 sudah selesai semua urusan. Saya datang untuk ngurus paspor buat anak yang masih SD,” kata Irawati kepada aceHTrend saat menyetor biaya paspor di mobil kantor pos, Rabu (14/6/2019).

Meski jumlah pembuat paspor di Kantor Imigrasi Banda Aceh sangat ramai saban hari tapi tidak menjadi masalah, karena warga tidak perlu berdesak-desakan di kantor, tapi cukup daftar melalui aplikasi di Android masing-masing.

“Lebih 100 orang dalam satu hari pemohon paspor di Kantor Imigrasi Banda Aceh,” kata petugas di meja CS kepada aceHTrend.

Mereka umumnya ingin bertamasya ke Malaysia, umrah, dan tak sedikit yang hendak ke Jakarta dengan transit di Kuala Lumpur untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang murah.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK