Akhir Pekan Ini Ada Event Seni Rupa di Gampong Nusa Lhoknga

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Akhir pekan ini, ada event seni rupa di Kampung Nusa yaitu The Art Colour of Sensation 2019. Event ini bersifat rutin diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Aceh yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh sejak tahun 2018. Kali ini, event tersebut bertempat di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar yang akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (15-16/6/2019).

“Tahun lalu event ini bertempat di Taman Budaya Banda Aceh. Namun, tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya di mana kita ingin mengangkat tema pedesaan atau gampong di acara tersebut,” ujar Muhammad Rizqi selaku EO pelaksana acara tersebut kepada aceHTrend, Kamis (13/6/2019).

Menurut Rizqi, The Art Of Colour Sensation merupakan suatu bentuk kegiatan seni rupa yang mengungkapkan keindahan lewat unsur-unsur rupa seperti garis dan warna dengan perentara alat, bahan, dan teknik yang diwujudkan dalam bentuk gambar dua dan tiga dimensi.

Melalui event ini nantinya akan ditampilkan berbagai macam karya seni rupa seperti lukisan wajah para raja-raja terdahulu, foto kejadian bersejarah, hiasan dekorasi rumah di masa lampau, hingga motif-motif batik dan kain yang sampai saat ini masih digunakan. Selain itu, suasana pedesaan di Gampong Nusa sangat mendukung karena keindahannya yang dapat memanjakan mata pengunjung dan ditambah dengan suguhan kuliner terbaik dari kampung tersebut.  

Tujuan dari dibuatnya kegiatan ini oleh Disbudpar Aceh tidak lain untuk mengekspresikan keindahan Aceh lewat warna yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum dan wisatawan melalui konsep wisata alam pedesaan.

Berbagai bentuk kegiatan menarik juga akan memeriahkan event ini, di antaranya yaitu artwork exhibition, live performance dari (Live Jamming II, Live Music Show, Art Local Talent Live Show, dan Meet and Sketch), talkshow interactive, sharing session, mural teaching program, dan sajian kuliner khas Gampong Nusa seperti ie bu pedah, pizza Aceh, keripik on temurui dan masih banyak lainnya.

Di samping itu, acara ini juga menghadirkan berbagai komunitas mural di Aceh yang akan menjadi salah satu ikonik di event seni rupa ini. Turut hadir juga band lokal Aceh ternama untuk menambah keseruan acara dan penampilan dari anak-anak Gampong Nusa seperti tarian rapa’i dan ranup lampuan. Event ini terbuka untuk masyarakat umum dan boleh siapa saja hadir untuk menikmati event tersebut.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK