Dinas Perpustakaan dan Arsip Abdya Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD

aceHTrend/Masrianizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar lomba bercerita bagi murid SD/sederajat se-Kabupaten Abdya dengan tema “menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa”.

Acara tersebut berlangsung di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Abdya, Gampong Medang Ara, Kecamatan Blangpidie, Selasa (18/6/2019).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kantor Perpustakaan dan Arsip Abdya, Nurhadisah, mengatakan, kegiatan bercerita di tingkat SD/sederajat tersebut merupakan program nasional yang dilaksanakan di setiap tahunnya.

Program tersebut, katanya, dalam rangka mengembangkan kegemaran membaca di tingkat SD serta melestarikan aneka budaya daerah dan membangun rasa menghargai dan menghormati perbedaan suku, budaya, seni, dan tutur bahasa dalam kerangka memperkokoh persatuan bangsa.

“Tujuan lomba ini juga untuk menumbuh kembangkan budaya gemar membaca pada anak-anak terhadap buku-buku cerita budaya daerah yang isinya mengandung nilai-nilai kepahlawanan dan misi membangun pendidikan karakter,” ujar Nuhadisah.

Lomba ini, tambahnya, diikuti siswa dan siswi kelas 4-5 SD se-Kabupaten Abdya yang telah memiliki perpustakaan yang dikelola dan dikembangkan secara baik oleh petugas yang kompeten.

“Tentu kita berharap akan terpilihnya siswa-siswi yang terbaik dalam bercerita dan mendongeng. Untuk pemenangnya, nanti akan menjadi perwakilan Kabupaten Abdya dalam kegiatan bercerita di tingkat Provinsi Aceh,” pungkasnya.

Dalam lomba bercerita tersebut, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Abdya mengambil judul besar tentang kisah Malelang Madiun yang diangkat dari Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Abdya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK