Muslizar Ajak Semua Kalangan Optimalkan Perpustakaan

Wakil Bupati Aceh Barat Daya Muslizar @aceHTrend/Masrian Mizani


ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT, mengajak semua pihak untuk mengoptimalkan seluruh sumber potensi perpustakaan demi mewujudkan kegemaran membaca bagi anak-anak, baik itu perpustakaan sekolah, perpustakaan keliling, dan mobil pintar.

Ajakan tersebut disampaikan Muslizar dalam sambutan pembukaan lomba bercerita tingkat SD/sederajat yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Abdya, Selasa (18/6/2019).

“Dalam sejarah agama kita, Nabi Muhammad menerima wahyu pertama adalah iqra, yaitu membaca yang disampaikan oleh Malaikat Jibril secara berulang-ulang. Tentu hal ini menunjukkan betapa pentingnya membaca dalam kehidupan kita ini,” terang Muslizar.

Muslizar mengatakan, minat baca di kalangan anak didik di Kabupaten Aceh Barat Daya saat ini masih tergolong rendah. Penyebabnya, akibat perkembangan teknologi yang begitu pesat dan salah digunakan oleh anak didik. Kemudian, rendahnya motivasi dari orang tua serta kurangnya prasarana dan sarana khususnya buku-buku yang berkaitan dengan dunia anak-anak.

“Karena itu, orang tua berkewajiban mendampingi dan mendorong anak-anak untuk giat membaca dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Abdya,” pesannya.

Selama ini kata dia, Pemerintah Kabupaten Abdya melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip telah melakukan berbagai program dan kegiatan untuk menumbuhkan minat baca di kalangan anak-anak, salah satunya dengan mengadakan lomba bercerita di tingkat siswa SD/sederajat.

Ia juga berpesan agar para peserta lomba baca mampu menjadikan bacaannya sebagai kebutuhan dan menjadikan buku sebagai teman. Hal ini, kata Muslizar harus terus diupayakan dan ditumbuhkan agar menjadi kebiasaan uang baik.

“Namun, ada hal yang juga harus diingat bahwa tidak semua bacaan layak untuk dikonsumsi, karena itu perlu untuk selektif, pandai memilih dan memilah bacaan apa yang memperkaya wawasan dan khazanah berpikir sekaligus mampu mendorong munculnya ide progresif dan daya kreativitas,” ujarnya.

Muslizar berharap agar Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Abdya terus berupaya maksimal untuk mengkoordinir dan memfasilitasi segala upaya yang berkaitan dengan peningkatan minat baca generasi muda.

“Mari kita menyebarluaskan gerakan sadar membaca di kalangan masyarakat serta peningkatan fungsi dan peran perpustakaan sebagai gudang ilmu pengetahuan sehingga kedepannya kita benar-benar bisa mencetak generasi Abdya yang intelektual dan berkualitas,” pungkas Muslizar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK