Taman Bunga Celosia Kini Hadir di Banda Aceh

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Bunga celosia yang juga disebut sebagai bunga si jengger ayam ini, kini mulai dilirik banyak orang untuk dibudidayakan. Sejak Taman Bunga Celosia hadir di Panga, Aceh Jaya dan viral pada Januari lalu, bunga ini pun menjadi daya tarik terutama sebagai objek foto bagi yang suka berswafoto.

Kini, Taman Bunga Celosia juga ada di Kota Banda Aceh. Lokasinya berada di belakang Zakir Kupi, Gampong Beurawe, Banda Aceh. Taman Bunga Celosia ini dibuka pada 16 Juni 2019 dan langsung dipadati banyak pengunjung khususunya mereka yang belum kesampaian ke Taman Bunga Celosia di Aceh Jaya.

Salah seorang warga Banda Aceh, Mahdalena, yang telah mengunjungi kebun bunga tersebut mengatakan, kebanyakan pengunjung merupakan warga Gampong Beurawe dan beberapa warga Banda Aceh.

“Waktu itu masih gratis masuknya. Kami pun juga dijamu dengan martabak, cane, minuman, dan buah semangka oleh pemiliknya,” ujar Mahdalena kepada aceHTend, Selasa (18/6/2019).

Saat ini pengunjung yang masuk ke Taman Bunga Celocia tersebut harus merogoh kocek Rp10.000 per orang untuk sekali masuk. Tentu hal ini mendatangkan untung bagi pemiliknya dan mempercantik suasana daerah tersebut.

Untuk mengenal bunga yang sedang menjadi primadona ini, mari simak penjelasan tentang bunga celocia dan cara pembibitannya seperti dikutip dari situs ilmubudidaya.com.

Bunga celosia terdiri atas dua jenis yaitu tipe celocia crista yang bentuk bunganya seperti coral (karang) dengan warnanya beraneka ragam. Tipe jenis ini yang terdapat di Taman Bunga Celocia, Beurawe, Banda Aceh. Sedangkan tipe yang kedua jenis celocia plumose dengan bentuk bunga plum runcing seperti yang terdapat di Taman Celocia, Panga di Aceh Jaya.

Tanaman celosia merupakan tanaman bunga semusim. Pada saat berbunga terlihat bagus karena bunga terbentuk dengan sempurna dan dapat berbunga beberapa kali dalam satu bulan. Ukurannya bisa mencapai 1 meter dengan berbagai macam warna seperti merah, kuning, ungu, dan campuran aneka warna.

Varian warna tersebut membuat bunga ini dijadikan sebagai tanaman hias dan mulai dibudidayakan. Namun, bagi kamu yang ingin menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumahmu, bisa dilakukan dengan cara pembibitan sendiri.

Tanaman ini dapat diperbanyak melalui biji yang dihasilkan oleh buah yang menyatu dengan bunga. Buahnya yang berwarna merah kehijauan akan retak saat bunga mulai menua sehingga akan terlihat biji tanaman berwarna hitam dan berukuran kecil. Mirip biji bayam. Biji tersebutlah yang disemaikan di pekarangan rumah dan nantinya akan menghasilkan tumbuhan baru.

Tidak harus memiliki keahlian khusus karena tanaman ini sangat mudah ditanam dan dipelihara serta tidak perlu perlakuan khusus seperti tanaman hias lainnya. Hanya saja, tanaman ini harus mendapat pasokan air yang cukup dan sinar matahari untuk proses kelangsungan hidupnya.

Namun, bila ingin menunjang pertumbuhan tanaman celocia ini, boleh ditambahkan pupuk baik organik, maupun nonorganik sesuai dosis tertentu. Bagi yang tidak mempunyai halaman atau lahan yang luas, bunga celosia dapat diletakan di polybag atau pot berukuran kecil hingga sedang. Kemudian tanaman ini diletakkan di teras rumah agar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba menanam tanaman celosia?[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK