Akibat Hujan Deras, Perdu Bambu di Lembah Sabil Tumbang ke Sungai

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Hujan deras yang melanda Kecamatan Lembah Sabil dan Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan sekitarnya siang tadi membuat perdu bambu di pinggiran sungai Gampong Tokoh I dan Tokoh II, Kecamatan Lembah Sabil tumbang ke sungai. Akibatnya, tebing sungai di wilayah tersebut juga ikut ambruk.

Ketua Tagana Abdya, Yasri mengatakan, ambruknya pohon bambu tersebut akibat tingginya debit air di wilayah sungai Manggeng. Apalagi, di daerah sungai tersebut tidak memiliki pengaman tebing sehingga air dengan mudah mengikis tebing sungai tersebut.

“Informasi yang kita terima dari kawan-kawan Tagana Lembah Sabil, untuk sementara waktu cuma pohon bambu yang ambruk ke sungai. Untuk laporan lain hingga kini belum kita terima. Penyebabnya itu karena sungai tersebut tidak memiliki pengaman tebing, selama ini pohon bambu itu menjadi pengamannya, karena tidak mampu lagi menahan debit air, akhirnya pohon bambu itu ambruk ke sungai,” ungkap Yasri kepada aceHTrend, Minggu (23/6/2019).

Atas kejadian itu, pihak Tagana sedang menunggu laporan pihak kecamatan setempat dan melakukan koordinasi dengan dinas terkait agar pohon bambu tersebut dapat segera dibersihkan.

“Harapan kita pohon bambu ini segera dibersihkan, jika tidak maka akan mengakibatkan penyumbatan aliran sungai yang akan berdampak pada lahan kebun dan masyarakat sekitarnya. Sebab air dengan mudah meluap dan terjadinya banjir di pemukikan warga,” pungkas Yasri.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK