RUMAN Aceh Dorong Pengunjung Mibara untuk Berkarya

Aktivitas Mibara di Lapangan Blang Padang

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Wisata buku gratis Minggu Baca Rame-rame (Mibara) yang digelar Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh telah memasuki tahun keenam pada 2019 ini. Usai libur panjang Ramadan dan Lebaran, Minggu (23/6/2019) Mibara kembali digelar di Lapangan Blang Padang Banda Aceh.

Ketua TBM RUMAN Aceh, Fadillah Islami mengatakan, Mibara kemarin merupakan edisi ke-192 sejak dimulai pada 18 Mei 2014 lalu.

“Dengan begitu tanpa terasa Mibara telah memasuki tahun keenam menyapa warga. Selain gratis membaca di tempat, warga juga gratis meminjam hingga lima buku selama sepekan,” kata Fadillah Islami kepada aceHTrend, Senin (24/6/2019).

Pembina TBM RUMAN Aceh, Ahmad Arif, mengungkapkan bahwa pihaknya pada tahun keenam ini mulai mendorong para pengunjung untuk berkarya. Baik berupa karya fiksi mau pun nonfiksi.

“Kita mendorong para pengunjung, terutama anak-anak usia sekolah untuk berkarya. Karya-karya mereka itu nanti akan kita fasilitasi agar diterbitkan oleh media, baik online maupun cetak di dalam atau di luar Aceh, insyaallah,” ungkap Arif.

Karya para pengunjung itu, tutur Arif, nantinya akan dikumpulkan. Lalu, pihaknya akan bekerja sama dengan penerbit agar karya tersebut bisa diterbitkan sehingga bisa diakses oleh masyarakat luas.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK