Penangkapan Ikan dengan Setrum di DAS Krueng Beukah Resahkan Warga Abdya

Ilustrasi

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Penangkapan ikan secara ilegal menggunakan setrum dan bahan kimia lainnya kian meresahkan warga di kawasan sungai Krueng Beukah, Gampong Babah Lhueng, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya.

Padahal, di kawasan sungai tersebut sudah dipasang pengumuman larangan dan sanksi bagi siapa saja yang melakukan praktik tersebut. Namun, pengumuman tersebut tampaknya tidak dihiraukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Safri, salah seorang warga Blangpidie yang sering menghabiskan waktu sore harinya untuk memancing ikan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Bekah mengaku kecewa melihat kondisi tersebut. Ia mengaku, sering melihat oknum-oknum yang melakukan praktik ilegal dengan cara terang-terangan. Padahal, katanya, praktik tersebut jelas merugikan dan merusak ekosistem ikan di perairan sungai.

“Sering saya lihat praktik itu. Saya heran, apa mereka tidak berpikir menangkap ikan dengan cara itu sangat merugikan orang banyak, sebab ikan kecil juga ikut mati,” jelas Safri, Sabtu (29/6/2019).

Safri meminta pihak pemerintah gampong dan pemerintah daerah setempat berperan aktif menerapkan aturan demi kelestarian ekosistem sungai.

“Tentu ini dapat diatasi jika aparatur gampong dan pemerintah daerah berperan aktif. Jika aturan hanya untuk dipajang saja maka hasilnya juga nihil,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK