Megahnya Masjid Kocatepe Ankara Jadi Saksi Cinta Sejoli dari Aceh

Oleh Rizqan Kamil
Mahasiswa Aceh di Turki

Kemegahan Masjid Kocatepe Ankara akan membuat kagum siapa pun yang menyaksikannya dari dekat. Ini merupakan masjid terbesar di ibu kota Turki, yakni Ankara yang dibangun antara tahun 1967 dan 1987 di kawasan Kocatepe di Kızılay. Siapa pun yang pernah menjejakkan kakinya ke Ankara, rasanya belum sah bila belum mengunjungi masjid tersebut.

Pada Sabtu pagi (19/6/2019) lalu, masjid ini menjadi saksi bersatunya cinta sepasang sejoli asal Aceh. Mereka adalah Muhammad Ghiyats Fawwaz dan Inayati yang melangsungkan akad pernikahan di Masjid Kocatepe.

Keduanya merupakan mahasiswa Indonesia yang berasal dari Aceh. Mempelai laki-laki, Ghiyats, saat ini sedang merampungkan studi Matematika di Gazi University, sedangkan mempelai perempuan, Inayati, mengambil studi Bahasa Inggris, juga di Gazi University. Keduanya dipertemukan melalui kegiatan-kegiatan pelajar Indonesia di Turki.

Pemilihan Masjid Kocatepe disepakati bersama oleh keduanya karena masjid ini merupakan masjid terbesar di Ankara, Turki, serta salah satu yang terbesar di dunia. Mampu menampung hingga 24.000 jemaah sekaligus. Masjid ini dapat dilihat dari hampir di mana saja di ibu kota dengan empat menara setinggi 88 m (288 kaki), dan kubah berlapis emasnya yang indah. Menjadikan masjid ini juga termasuk ikon Ankara.

Masjid Kocatepe

Masjid ini juga bersejarah bagi Indonesia. Masjid ini pernah dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Widodo pada tahun 2017. Di sini juga dilaksanakan pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Kepala Urusan Agama Turki (Diyanet).

“Secara pribadi, saya tidak membayangkan bisa nikah di Turki, apalagi di masjid terbesar dan landmark ibu kota negara, Ankara. Tapi alhamdulillah saya diberi izin untuk nikah di sini. Sebenarnya saya punya sejarah sendiri dengan masjid ini. Di sini saya pernah belajar dan mengasah kemampuan qari Alquran bersama imam masjid. Jadi, selama belajar itulah niatan saya tumbuh bahwa suatu saat bisa nikah di sini. Apalagi Pak Jokowi juga pernah singgah di sini sebelumnya,” cerita Muhammad Ghiyats Fawwaz setelah akad berlangsung.

Pasangan Ghiyats dan Inayati

Pasangan Muhammad Ghiyats Fawwaz dan Inayati merupakan pelajar Indonesia pertama yang nikah di dalam Masjid Turki. Di Turki, lazimnya prosesi pernikahan dilaksanakan di ruang khusus atau di rumah. Tidak di dalam masjid seperti pelaksanakan nikah di Indonesia.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK