Heboh Pernikahan Sedarah Pasangan Abang-Adik di Bulukumba

Ilustrasi pernikahan. Sumber foto Sindonews.com

Seorang pria asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, AM (32) nekat menikahi adik bungsunya, FI (20), yang diketahui telah hamil empat bulan akibat cinta terlarang mereka. Pernikahan sedarah itu terjadi sepekan lalu di lokasi perantauan mereka di Kalimantan Timur.

Peristiwa tak lazim itu diketahui istri sah AM, HE (28), yang tinggal di Bulukumba setelah melihat video pernikahan abang beradik itu. HE lantas melaporkan perbuatan suaminya ke Polres Bulukumba pada Senin (1/7/2019).

Mengutip lansiran Kompas, diketahui AM dan adik kandungnya menikah secara siri. Sementara buku nikah mereka yang tersebar di media sosial merupakan buku nikah antara AM dengan istri sahnya HE. Hal itu dibenarkan oleh Wakil Bupati Bulukumba, Tommy Satria Yulianto.

Berdasarkan laporan HE ke polisi, suaminya dan adik bungsunya dari tujuh bersaudara itu pamit untuk mencari nafkah ke Kalimantan Timur. HE sama sekali tidak menaruh curiga atas sikap suaminya yang bersikap mesra dengan adik bungsunya itu. Setelah kejadian ini terungkap, barulah HE mengetahui bila suaminya telah menjalin kasih dengan adik kandungnya sendiri.

Sementara itu, orang tua mereka, M, menyatakan mengaku malu atas apa yang terjadi pada kedua anaknya itu. M ingin agar kedua anaknya yang melakukan pernikahan sedarah itu ditenggelamkan ke laut karena telah melanggar hukum agama dan hukum positif. Warga Bulukumba juga sudah menyatakan menolak kepulangan mereka ke kampung halamannya.

Saya tidak mau lagi melihat kedua anak itu.”

“Jika hukum adat bisa dilakukan, kedua anak ini akan ‘di-labu’ (ditenggelamkan di laut dengan cara dimasukkan ke karung),”¬†ujar Mustamin seperti dilansir Tribunnews.com, Kamis (4/7/2019).[]

Editor : Ihan Nurdin