Rakor Gubernur se-Sumatera Sepakat Percepat Konektivitas Antar Propinsi di Sumatera

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Dr. Aulia Sofyan (ist)

ACEHTREND.COM, Bangkulu – Para Gubernur yang hadir pada Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatera 2019 yang diselenggarakan di Bengkulu, Selasa (9/7/19) sepakat untuk mendorong proyek pemerintah dalam mempercepat konektivitas antar propinsi di Sumatera.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang hadir pada rakor tersebut didampingi oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Dr. Aulia Sofyan, Asisten II Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Setda Aceh dr. Taqwallah, Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi, ST.

Rakor dengan tema ‘Peningkatan Peran Pulau Sumatera dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi Nasional’ membahas isu-isu strategis, terutama yang berkaitan dengan pembangunan konektivitas pulau Sumatera.

Menurut Aulia Sofyan, salah satu rekomendasi yang dikeluarkan dalam forum tersebut berfokus pada upaya peningkatan konektivitas antar provinsi di Sumatera dan antara pulau Sumatera dan Jawa.

“Rekomendasi yang tertuang dalam Piagam Raflesia ini telah disepakati oleh seluruh Gubernur-gubernur yang hadir, dan diharapkan dapat menjadi masukan kepada pemerintah pusat dalam menangani permasalahan konektivitas di Sumatera,” katanya.

Selain isu konektivitas, menurut Aulia, Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga mengusulkan agar kerjasama IMT-GT juga dapat dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian Sumatera. Adapun provinsi yang sudah memanfaatkan kerjasama IMT-GT adalah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

“Banyak kepentingan dan usulan Aceh yang difasilitasi dalam Piagam Raflesia antara lain; penguatan Pelabuhan Sabang dan Pengembangan Kopi Sumatera, diantaranya Kopi Gayo sebagai komoditas unggulan Pulau Sumatera dengan membangun Pusat Perdagangan Kopi yang terintegrasi (Sumatera Coffee Trading House),” ujarnya.

KOMENTAR FACEBOOK