Ratusan Ternak Mulai Tiba di Lokasi Expo di Abdya

Wabup Muslizar saat meninjau lokasi dan melihat lansung berbagai ternak Kabupaten/kota lain dilokasi expo ternak di lapangan bola kaki, Pulau Kayu, Susoh, Abdya. @achetrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Ratusan ternak jenis sapi, kerbau, kuda, dan lainnya mulai tiba di lokasi expo ternak yang diselenggarkan di lapangan bola kaki Gampong Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pada 11-14 Juli 2019. Ternak-ternak tersebut diangkut langsung oleh peserta perwakilan kabupaten/kota lain dengan menggunakan mobil bak terbuka.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya Nasruddin mengatakan, untuk kegiatan expo ternak ini semua kabupaten/kota se-Aceh mengikuti kegiatan tersebut. Namun, tidak semua kabupaten/kota mengikuti pameran stan.

“Peserta perwakilan dari kabupaten lain sudah mulai berdatangan dan membawa ternak-ternak mereka ke lokasi, selebihnya masih dalam perjalanan,” ungkap Nasruddin kepada aceHTrend di lokasi, Rabu (10/7/2019).

Ia menambahkan, dalam expo ini memperebutkan hadiah dengan total Rp900 juta lebih untuk enam cabang yang dilombakan. Adapun jenis ternak yang ditampilkan terdiri atas sapi Aceh, sapi Brahman, Limousine, Simental, Bali, Brangus jantan, kerbau jantan, kuda jantan, kerbau bebas, dan kambing PE.
Kemudian, lanjutnya, panitia juga menggelar lomba burung berkicau yang diikuti oleh perserta dari seluruh Indonesia dengan total hadiah Rp100 juta.

Acara perlombaan burung berkicau tersebut dilaksanakan di lokasi pameran pada hari ketiga, dan khusus diikuti oleh kategori burung jenis kenari, murai batu, dan kacer.

“Sudah ada sekitar seribu burung yang mendaftar ke panitia. Ada yang dari Pulau Jawa, Kota Medan, Bali, dan daerah-daerah lainnya di Indonesia,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK