Expo Ternak Jadi Ajang Edukasi Peternakan

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Expo Ternak se-Aceh yang digelar di lapangan bola kaki Gampong Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya mulai berlangsung sejak hari ini, Kamis (14/7/2019).

Kepala Dinas Peternakan Aceh, Rahmadi, mengatakan expo ini akan diisi dengan sejumlah perlombaan ternak seperti sapi Aceh, kerbau, kuda, sapi hasil inseminasi, sapi Bali, sapi Brahman, brangus, limausin, simental, dan kambing PE.

Selain lomba ternak juga ada lomba stan pameran pembangunan peternakan yang diikuti hanya oleh 15 kabupaten/kota. Stan ini akan memamerkan fungsi peternakan dan kesehatan hewan, lembaga pendidikan asosiasi, serta perusahaan bidang peternakan UMKM dan kuliner.

“Dalam acara ini juga ada lomba asah terampil, lomba burung berkicau dan jalan santai,” jelasnya.

Rahmadi menyebutkan, untuk lomba asah terampil diikuti oleh kelompok petani ternak dari 20 kabupaten/kota. Sementara lomba burung berkicau diikuti oleh peserta pencinta burung dan kicau mania yang ada di Provinsi Aceh dan di luar Aceh.

Selain itu juga ada lomba jalan santai, diikuti oleh seluruh peserta dan panitia kegiatan Bulan Bakti Peternakan serta masyarakat umum.

“Tujuan Bulan Bakti Peternakan ini untuk memberikan apresiasi dan motivasi terhadap peternak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, dan juga memberikan informasi program keberhasilan pembangunan di bidang peternakan,” katanya.

Selain itu, tambahnya, acara tersebut juga bertujuan memperkenalkan sumber daya genetik ternak lokal, seperti sapi Aceh, kerbau, sapi hasil inseminasi buatan untuk dikembangkan lebih lanjut.

“Dalam kegiatan ini, kita juga memperkenalkan dan mempromosikan produk pangan olahan hasil peternakan, sebagai sasaran meningkatkan investasi agribisnis peternak Aceh untuk meningkatkan kualitas produk pengolahan hasil peternakan yang berdaya saing,” pungkas Rahmadi.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK