Bersama Kadis PUPR, Anggota Pansus I DPRA Tinjau Ruas Jalan Beurawe

Kadis PUPR Aceh Ir. Fajri, MT., bersama anggota Pansus I DPRA Drs. Sulaiman Abda, ketika meninjau ruas jalan T Iskandar (Beurawe), Banda Aceh. Foto: aceHTrend/Muhajir Juli.

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Anggota Pansus I DPRA Drs. Sulaiman Abda, Jumat (12/7/2019) pagi, meninjau ruas jalan T. Iskandar (Beurawe)-Simpang BPKP, Banda Aceh. Ruas tersebut membutuhkan pelebaran karena sudah sangat padat pada jam-jam sibuk.

Ketika turun bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Propinsi Aceh Ir. Fajri, MT., Sulaiman Abda mengatakan DPRA bersama Pemerintah Aceh akan mengalokasikan dana untuk perluasan ruas jalan tersebut.

“Ruas jalan ini tidak memungkinkan lagi untuk dilalui, bila tanpa diperlebar. Sudah sangat padat. Padahal ini ruas yang langsung menuju Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda,” ujar Sulaiman Abda.

Sulaiman mengatakan, Pemerintah Kota Banda Aceh perlu memberikan dukungan serius, berupa pengalokasian dana pembebasan lahan. Dana tersebut bisa diambil dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) yang dialokasikan untuk Kota Banda Aceh.

Pada kesempatan yang sama, Kadis PUPR Aceh Ir Fajri mengatakan, ruas jalan yang harus diperlebar tersebut, untuk tahap pertama 2,5 km. Dari Beurawe-Simpang BPKP.

Total dana yang diperlukan untuk pembebasan lahan sebanyak R15 miliar. “Kiri dan kanan jalan masing-masing dua meter harus dibebaskan. Nanti akan dibangun jalan dua jalur yang memiliki pembatas,” kata Fajri.

Menurut Fajri, dana bisa dihemat, karena untuk perluasan ruas jalan, tidak perlu lagi merusak jalan yang sudah ada. “Hanya penambahan saja. Pemerintah Aceh akan membangun ruas ini, bilamana Pemko Banda Aceh melakukan pembebasan lahan. Karena kami hanya menyediakan infrastukturnya saja,” ujar Fajri.[]

KOMENTAR FACEBOOK