Gangguan Kesehatan Gigi Bisa Sebabkan Malanutrisi hingga Infeksi Katup Jantung

Dekan FKG Unsyiah drg. Cut Soraya, @aceHTrend/Ihan Nurdin

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Banyak orang mungkin masih abai dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, padahal akibat yang ditimbulkan dari gigi yang tidak sehat bisa berakibat fatal. Misalnya berefek pada gangguan sinusitis yang tak kunjung sembuh atau bahkan gangguan pada jantung. Bagaimana ini bisa terjadi?

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah, drg. Cut Soraya Sp. KG, menjelaskan untuk menjaga agar gigi selalu sehat dibutuhkan dukungan dari gaya dan pola hidup yang sehat. Misalnya dengan menjaga asupan makanan terutama yang mengandung karbohidrat golongan tertentu.

“Saat kita mengonsumsi karbohidrat diperlukan bakteri untuk mengubah karbohidrat tersebut menjadi energi. Nah, produk sampingannya adalah asam. Jadi makin banyak karbohidrat yang kita asup artinya makin banyak mengubah produk asam juga, email gigi jadi larut, lama-lama bisa menyebabkan gigi berlubang,” katanya kepada aceHTrend, Senin (1/7/2019).

Karbohidrat yang dimaksud berasal dari golongan tertentu yang mengandung sukrosa seperti permen, camilan, atau cokelat. Karena bila kebiasaan ini terus dilakukan sementara usaha untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut kurang, lama kelamaan bisa menyebabkan terjadinya karang gigi atau karies.

Karena itu ia menekankan pentingnya menjaga kebersihan gigi dengan cara menggosok gigi secara teratur dua kali sehari. Penting juga memeriksakan kesehatan gigi secara teratur minimal enam bulan sekali, sehingga begitu terlihat ada sesuatu yang tidak beres pada gigi bisa segera diatasi.

Persoalan lain yang bisa terjadi misalnya sinusitis yang tak kunjung sembuh karena disebabkan oleh infeksi akar gigi. Sinus merupakan rongga atau ruang udara yang berada di tulang muka. Rongga ini bersambung ke hidung melalui saluran yang sangat kecil. Biasanya lendir dihasilkan oleh rongga ini setiap masa dan dialirkan ke dalam hidung. Lantai sinus/bagian bawah sinus berada tepat di atas atap gigi. Karena itu, bila akar gigi geraham atas sampai pada rongga sinus, bila terjadi infeksi pada gigi maka infeksinya bisa menjalar pada rongga sinus tersebut.

Gigi yang mengalami infeksi dan mengakibatkan pendarahan bisa juga menyebabkan tersebarnya bakteri melalui aliran darah hingga masuk ke jantung dan menyebabkan penyakit infeksi katup jantung atau endocarditis bakteri.

“Ini disebut juga fokal infeksi, sumber penyakit yang berasal dari gigi dan bisa menyebar ke mana-mana seperti jantung dan ginjal. Gigi ini sangat kecil tetapi bisa mengganggu kesehatan secara umum. Memang persentasenya (endocarditis bakteri) kecil tapi itu bisa terjadi,” ujar drg. Cut Soraya.

Gangguan kesehatan gigi dan mulut juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kondisi malanutrisi karena susah mengunyah atau bahkan tidak bisa makan sama sekali. Dalam kondisi lain, juga bisa menyebabkan gangguan lambung karena tidak bisa mengunyah makanan dengan sempurna.

“Jadinya makanan yang masuk ke lambung itu tidak lumat, masih utuh, sehingga tidak bisa dicerna. Persoalan gigi ini memang simpel tetapi bisa berakibat fatal,” katanya.

Selain menyikat gigi secara teratur, ia menyarankan agar mengurangi makanan camilan seperti permen, cokelat, dan yang mengandung gula tinggi, serta memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan serat seperti sayur dan buah. Sayur dan buah tidak mudah diurai oleh bakteri dan tidak mudah mengendap di lapisan gigi sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya plak di gigi.[]

KOMENTAR FACEBOOK