Kodam IM Terima 6 Pucuk Senjata Api dan Amunisi dari Masyarakat

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Enam pucuk senjata api ilegal berbagai jenis, serta ratusan amunisi diserahkan masyarakat kepada jajaran TNI Kodam Iskandar Muda. Senjata itu diduga sisa masa konflik dan selama ini disimpan oleh masyarakat.

Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jendral TNI Teguh Arief Indratmoko, dalam konferensi pers siang tadi, Jumat (12/6/2019) di kantornya mengatakan, pihaknya telah menerima penyerahan senjata oleh masyarakat, menandakan masyarakat sudah semakin sadar tentang kepemilikan senjata ilegal.

“Terbukti bahwa masyarakat sekarang sudah semakin sadar dengan kepemilikan senjata ilegal, ada dua hal terkait status senjata yang berada di masyarakat tersebut, ini sisa masa konflik, atau senjata yang selama ini beredar di masyarakat,” kata Pangdam.

Ia menambahkan, ini merupakan upaya yang dilakukan oleh jajaran TNI khususnya Kodam Iskandar Muda di wilayah Aceh, dan di masyarakat juga sudah merasakan lingkungan sudah benar-benar aman.

“Sehingga mereka sudah tidak memerlukan hal seperti itu lagi untuk melindungi dirinya, sehingga senjatanya diserahkan, saya juga berterimakasih kepada masyarakat yang sudah memberikan senjatanya kepada kita,” katanya.

Pihaknya berharap masyarakat yang ada di pedalaman, bila masih ada senjata masa konflik atau senjata ilegal lainnya, supaya menyerahkan kepada penegak hukum, karena sesuai dengan program Kodam Iskandar Muda untuk meminimalisir tindakan kriminal.

Senjata terseut, sambungnya, ada enam pucuk, lima laras panjang dan satu pistol. Di antaranya AK 56 dua pucuk, carabine satu pucuk, SS1 satu pucuk dan M16 satu pucuk. Amunisinya SS1 ada 261, AK ada 7, amunisi pistol ada 5 butir.

“Ini dari wilayah Aceh, ada dari Aceh Timur, Aceh Utara dan di beberapa tempat lain, masing-masing satu senjata satu pemiliknya,” jelasnya.

Soal keterkaitan senjata tersebut dengan tindakan kriminal atau narkoba yang selama ini terjadi. Ia  katakan, hal tersebut menjadi salah satu program Kodam untuk mencegah tindakan kriminal.

“Karena sekarang banyak menggunakan senjata, mereka mereka yang narkoba, ini salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah tindakan kriminal, salah satunya narkoba, maka diimbau agar masyarakat menyerahkan dengan kesadaran, maka saya akan menjamin mereka akan aman,” sebut Teguh Arief.[]

KOMENTAR FACEBOOK