Polisi Tangkap Pemalsu Stempel Polsek Banda Sakti

Polisi melakukan konferensi di Mapolsek Banda Sakti, Minggu, 14 Juli 2019 @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Personel Polsek Banda Sakti berhasil membongkar kasus penipuan dengan modus pemalsuan stempel dan bukti lapor kehilangan dari kepolisian. Tersangka seorang pria berinisial AM, warga Desa Lambong Dalam, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara. AM melakukan tindakan melawan hukum itu dengan tujuan untuk mencari keuntungan dengan cara klaim asuransi.

Kapolsek Banda Sakti, Iptu Arif Sukmo Wibowo dalam konferensi pers, Minggu (14/7/2019) menyebutkan, surat tanda bukti lapor dibuat seakan-akan dikeluarkan Polsek Banda Sakti.

Kemudian surat tersebut digunakan pelaku untuk mengklaim asuransi dari beberapa jenis sepeda motor yang ada di wilayah hukum Polres Lhokseumawe.

Pelaku, sambung Arif mencari keuntungan dari perusahaan asuransi. Selain itu sepeda motor yang seakan-akan sudah hilang itu menjadi milik pelaku.

“Modusnya dia menawarkan ke pelanggan asuransi. Caranya buat surat keterangan hilang, sehingga kredit sepeda motor tak perlu bayar lagi dan nama pelanggan itu bersih,” katanya.

Setelah membuat surat kehilangan, maka surat itu akan dibawa ke toko sepeda motor seterusnya ke asuransi. Lalu sepeda motor itu dijual lagi ke masyarakat umumnya.

Kapolsek menjelaskan, kasus ini terbongkar dari salah satu akun jual beli di Facebook, yang mengunggah sepeda motor jenis Scoopi dan dijual dalam keadaan lengkap.

“Padahal sebelumnya kami sudah menerima tanda bukti lapor kehilangan kok malah dijual dalam keadaan lengkap,” ujarnya lagi.

Kemudian, dia bersama tim langsung melakukan pengembangan dan berhasil menangkap pelaku dan barang bukti lainnya yang saat ini sudah disita berupa komputer, scanner, empat sepeda motor, dan surat lapor kehilangan dan stempel palsu.

“Dalam kasus ini pihak Polsek Banda Sakti sebagai pihak yang dirugikan. Sedangkan pelaku sudah diamankan untuk proses penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK