Nova Ingatkan Kepala Daerah Membangun Aceh Tak Bisa Jalan Sendiri-sendiri

ACEHTREND.COM, Bener Meriah – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengingatkan para bupati dan wali kota bahwa dalam membangun negeri tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri atau oleh pemerintah saja, tetapi harus dilakukan bersama-sama. Sebagai contoh kata dia, saat ini Indonesia kekurangan 11 juta unit rumah layak huni, yang mampu dibangun oleh pemerintah hanya 15 persen saja, selebihnya harus dilakukan oleh swasta dan masyarakat sendiri.

“Bercermin dari kondisi ini membangun negeri ini harus bersama-sama,” kata Nova Iriansyah saat menutup Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (PIPMG) se-Aceh di Lapangan Umah Pitu Ruang kampong Bale Atu Kecamatan Bukit. Bener Meriah, Sabtu (23/2019).

Untuk itu, Nova berharap kepada seluruh pemangku kepentingan mulai dari pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, sampai kepada pemerintah gampong agar benar-benar berkolaborasi, bahu membahu membangun negeri ini.

“Khusus untuk sektor swasta, mohon untuk membantu menjadi lokomotif pembangunan negeri ini, karena lapangan kerja terbesar ditampung oleh sektor swasta,” kata Nova.

Lanjut Nova, bila satu pengusaha hidup minimal dia bisa mempekerjakan lebih dari lima orang. Jika ada seribu pengusaha, maka bisa menampung hingga lima ribu tenaga kerja yang tentu ini sulit dilakukan oleh pemerintah.

“Untuk sektor swasta saya ingin ingatkan, terlalu sulit membawa skema pengusaha besar manufaktur dari luar, karena modal asing itu harus untung, harus aman, dan harus ada kepastian hukum, tanpa itu sulit memasukkan modal,” jelas Nova.

Untuk itu, sambil menunggu investasi besar, terutama dari luar negeri dan dari luar provinsi, maka kita harus mampu mandiri dan bekerja di atas kaki sendiri katanya, bekerja keras dan investasi dari putra-putri Aceh sendiri.

Pada acara penutupan turut hadir bupati dan wali kota se-Aceh, DPRK, pimpinan DPR Aceh, SKPA, dan Wakil Ketua Penggerak PKK Aceh Erti Dyah Idawati.[]

KOMENTAR FACEBOOK