Proses Penyelidikan Dana Desa Blang Makmur Dilanjutkan

Muhammad Haris (Kanan) @istimewa

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Kembalinya geuchik Gampong Blang Makmur, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muhammad Haris, membuat penyidik Satreskrim Polres Aceh Barat Daya (Abdya) melanjutkan penyelidikan kasus penggunaan anggaran Dana Desa Gampong Blang Makmur yang terindikasi tidak bisa dipertanggungjawabkan sekitar Rp400 juta lebih dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) tahun 2018 sebesar Rp1,2 miliar lebih.

“Saat ini kasus tersebut sedang kita tangani dan sekarang masih dalam tahap penyelidikan,” ungkap Kasat Reskrim Polres Abdya, Iptu Zulfitriadi, Senin (15/7/2019).

Fitriadi menyebutkan, sejauh ini pihaknya belum menetapkan tersangka dalam kasus tersebut. Penyidik masih mendalami dan mengumpulkan barang bukti untuk meningkatkan kasus tersebut ke tahap penyidikan.

Saat ini, katanya, mantan geuchik Blang Makmur tersebut masih berada di Polsek Kuala Bate untuk mengamankan diri.

“Dia belum kita amankan di Polres, karena belum penetapan tersangka. Menurut informasi Haris masih di Polsek Kuala Bate untuk mengamankan diri, mungkin dia takut,” jelasnya.

Sebelumnya, tim Inspektorat Kabupaten Abdya melakukan opname cash Gampong Blang Makmur, dari  opname cash tersebut hanya Rp786,385 juta dari Dana Desa yang memiliki bukti pertanggungjawaban pengunaannya. Sedangkan sisanya Rp400 juta lebih lagi tidak ada bukti pertanggungjawaban.
Berdasarkan pengakuan perangkat Gampong Blang Makmur, dana desa senilai Rp400 juta lebih yang tidak memiliki bukti tersebut sebelumnya sudah diserahkan pada Muhammad Haris.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK