Warga Keluhkan Layanan Kesehatan di Puskesmas Tanah Luas

Pasien di Puskesmas Tanah Luas Aceh Utara @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Sejumlah pasien mengeluhkan pelayanan di Puskesmas Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara. Pasalnya, pasien tidak bisa langsung berobat dan mengambil surat rujukan lantaran petugas paramedis dan dokter baru masuk sekitar pukul 09.30 WIB.

Seorang pasien, Syarifah, mengatakan dirinya datang ke Puskesmas sekitar pukul 08.00 WIB untuk mengambil surat rujukan ke rumah sakit. Namun tidak ada petugas paramedis dan dokter di ruangan. Baru ada satu dokter masuk pukul 09.30 WIB.

Dia menyebutkan, praktik seperti itu kerap terjadi di puskesmas tersebut, sehingga warga harus menunggu satu atau dua jam petugas paramedis atau dokter. “Saat kami datang ruangan kosong semua, ini harusnya jadi perhatian serius pemerintah,” katanya.

Ia mengeluhkan karena habis waktu bukan untuk pelayanan, tetapi karena harus menunggu. Seharusnya masyarakat tidak perlu menghabiskan waktu selama itu.

Dia berharap Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, mengawasi seluruh layanan kesehatan untuk masyarakat di kabupaten itu. “Semoga bupati bisa mengevaluasi seluruh layanan puskesmas di Aceh Utara,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tanah Luas, Azmi, menyebutkan dokter dengan status pegawai negeri hanya satu orang bertugas di puskesmas itu.

“Tadi kebetulan dokter ada acara sedikit jadi agak telat masuk. Petugas kebetulan barengan pergi ke orang meninggal dunia. Jadi kosong. Tadi sudah saya panggil dan ingatkan mereka,” katanya.

Dia membantah layanan puskesmas itu kerap buka terlambat. “Tidak tiap harilah. Layanan kami baik kok,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK