FAMe Meulaboh Ajarkan Teknik Menulis Jurnal dan Opini untuk Mahasiswa dan Dosen

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Meulaboh kembali melatih para dosen dan mahasiswa berupa teknik menulis jurnal dan opini di Seulawah Coffee Meulaboh, Kamis (18/7/2019).

Pelatihan ini menghadirkan dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Royyan Aramly. Dalam kesempatan itu Royyan mengatakan, dalam menulis baik itu jurnal, opini, dan artikel, memerlukan cara dan metode.

“Secara definisi tulisan opini, esai, dan artikel itu sama, yakni pandangan, pendapat atau anggapan seseorang terhadap suatu masalah, jadi semunya berdasarkan interpretasi semata. Menulis itu perlu memiliki tujuan dan target, mencatat ide, revisi, dan memperhalus tulisan dan lainnya. Ini langkah-langkah yang perlu diperhatikan, dalam menulis apalagi bila kita menulis jurnal dengan tulisan bisa dipublikasi oleh penerbit baik secara nasional maupun internasional,” kata Royyan.

Ia juga menyampaikan, untuk menjadi penulis profesional harus punya ide dan gagasan yang harus dituangkan dalam bentuk tulisan baik dalam opini, artikel, jurnal maupun buku referensi mahasiswa. Bagi akademisi, wartawan, atau pencinta literasi, aktivitas menulis memungkinkan mereka dikenal orang melalui karyanya.

“Melalui menulis, selain mengenalkan di­rinya sendiri, juga dapat memperkenalkan lingkungan dan daerah dengan mempromosikan daerahnya ke media massa. Dosen dan mahasiswa yang memiliki jiwa menulis, tetapi masih terkendala di berbagai hal, maka dianjurkan harus bisa membaca karya penulis hebat bagaimana mereka bisa menulis terkenal,” kata Rayyan.

Menurutnya, dalam penulisan buku dan jurnal diperlukan gelar akademis, khususnya untuk menulis buku buku referensi mata kuliah, de­ngan dibarengi motivasi. Namun untuk me­nulis opini dan artikel diperlukan ideologi, tema, pe­ristiwa ataupun gagasan lain yang sifatnya lebih kontekstua.

Koordinator FAMe Chapter Meulaboh, Muhsinuddin mengungkapkan, pelatihan ke-18 ini bertema “Menulis opini dan jurnal bagi dosen dan mahasiswa”. Bertujuan agar dosen dan mahasiswa nanti bisa menulis pada jurnal yang terakreditasi dan bisa menulis buku referensi mahasiswa.

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK