Ikatan Janji Suci Irwan Saputra dan Rhilmanidar

Aura bahagia terlihat begitu jelas di wajah Irwan Saputra. Pemuda yang kini menjabat Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) media aceHTrend ini baru saja menunaikan janji sucinya kepada sang kekasih hati, Rhilmanidar.

Prosesi akad nikah yang berlangsung pada Kamis, 18 Juli 2019 bertempat di kediaman pujaan hati di Gampong Ladang Tengoh, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan.

Dalam prosesi akad nikah tersebut, Irwan nampak tenang saat menyambut akad dari sang mertua dalam mengucapkan prosesi ijab kabul. Proses itu pun selesai dilakukan tanpa ada kendala sedikit pun. Sang ibu, Anisah, tidak dapat membendung aura bahagia dan penuh emosional saat menyaksikan anak sulungnya yang selama ini begitu dekat dengannya, dan hari ini telah tumbuh menjadi suami Rhilmanidar.

Pemuda asal Gampong Blang Panyang, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tersebut, dikenal sebagai sosok pekerja keras, supel, dan suka bergaul. Baginya hidup itu harus diperjuangkan dan teman adalah bagian dari perjuangan itu.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, terima kasih atas dukungan dan doa dari kawan-kawan semua,” kata Irwan pada kawan-kawan yang ikut mengantarnya hari itu.

Irwan berkisah, Gampong Lamsiem, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar adalah sejarah awal dirinya menemukan cinta hingga melabuhkan hatinya pada sang kekasih Rhilmanidar.

Saat itu, keduanya tercatat sebagai mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang sama-sama sedang menyelesaikan tugas akhir Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di gampong tersebut pada Desember 2013 silam. Irwan sebagai ketua kelompok, Rhilmanidar sebagai salah seorang anggotanya kala itu. Kemudian di situlah kisah cinta keduanya dimulai.

Usai melaksanakan KPM, tepatnya pada 1 Januari 2014 bertepatan dengan hari ulang tahunnya di Lampuuk, Aceh Besar, Irwan memberanikan diri mengutarakan rasa cinta pada sang pujaan hati.

Ternyata, cinta itu pun tidak bertepuk sebelah tangan, cinta Irwan bak gayung bersambut. Rhilmanidar tersipu malu, karena untaian kata jalinan kasih itu diutarakan Irwan di hadapan kawan-kawan KPM-nya kala itu sedang main botol kejujuran.

“Saya mengutarakan cinta itu di hadapan kawan-kawan KPM Gampong Lamsiem, sebagai seorang lelaki saya memantapkan hati untuk memperjuangkan cinta ini hingga ke pelaminan,” kisah Irwan dengan raut wajah kemerahan.

Bagi Irwan, Gampong Lamsiem telah menjadi bagian dari perjuangan cintanya, di mana anak sulung dari empat bersaudara ini memang sudah memberikan perhatian lebih pada Rhilmanidar sejak masih KPM di Gampong Lamsiem. Alhasil perhatiannya ke Rhilmanidar pun tercium oleh kawan-kawan KPM-nya yang mereka berikan nama 7 CM. Nama itu termotivasi dari serial film layar lebar 5 CM yang berkisah tentang perjuangan, persahabatan, dan cinta.

Perjuangan cinta keduanya tidak berjalan mulus, sebab silih bergantinya cobaan yang selalu saja menghantam pondasi yang sedang dibangun oleh keduanya. Sebagai anak perempuan yang bisa dibilang sudah matang untuk menikah, Rhilmanidar juga beberapa kali hendak dilamar orang, namun sebagai perempuan Rhilmanidar tetap ingin memperjuangkan cintanya dengan lelaki pilihan hatinya.

“Usai dia (Rhilmanidar) menyelesaikan kuliah, dia pulang kampung dan mengajar di salah satu sekolah tingkat lanjutan di Kecamatan Pasie Raja. Sementara saya memilih untuk tinggal dan kerja sebagai wartawan di Banda Aceh, saat itu kami terpisah jarak cukup lama, dan hanya berjumpa saat hari Lebaran saja,” kenang Irwan.

Waktu terus bergulir, pasang-surut cinta keduanya tetap saja terjadi, hingga akhirnya Rhilmanidar memilih untuk melanjutkan studi Magister Ilmu Matematika di Unsyiah agar bisa dekat dengannya. Saat itu gejolak percintaan keduanya mulai mereda. Dan Irwan pun memilih untuk melanjutkan studinya di Magister Ilmu Hukum di Unsyiah di sela-sela waktu luang dirinya yang berprofesi sebagai kuli tinta.

Beberapa waktu kemudian, Kepala Dinas Sosial Aceh, Drs Alhudri MM meminta dirinya untuk masuk sebagai pegawai Kontrak di Dinas Sosial Aceh tepatnya di bidang Subbag Program Informasi dan Humas. Sejak saat Itu dia giat menabung agar bisa menunaikan tugasnya sebagai anak sulung kepada orang tua dan adik-adiknya serta meminang sang pujaan hati.

Setelah kewajiban itu ditunaikan, dia pun mendapat restu dari kedua orang tua untuk menikah, dan pada Kamis 18 Juli 2019 kemarin, Irwan Saputra resmi menjadi suami sah Rhilmanidar.

“Alhamdulillah, ini semua juga berkat perjuangan, doa dari keluarga, dan dukungan dari kawan-kawan semua. Doakan kami semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah,” pungkas Irwan.[]

KOMENTAR FACEBOOK