Sikapi Masa Depan Dayah, PB HUDA Gelar FGD

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pengurus Besar (PB) Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk menyikapi berbagai tantangan aktual Islam dan institusi pendidikan dayah di Aceh. Acara yang bertema “Islam, Aceh, dan Masa Depan Dayah” itu berlangsung di Markaz PB HUDA di Desa Bayu Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Sabtu (20/7/2019).

FGD ini dihadiri oleh Ketua HUDA, Ayah Sop Jeunieb, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny, Wakil Ketua PB HUDA, Tgk H. Hidayat Muhibuddin Waly, anggota DPR Aceh, Mushannif, Ustaz Masrul Aidi, para pengurus HUDA, aktivis peduli dayah, dan kalangan akademisi.

Ketua PB HUDA, Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab yang akrab dipanggil Ayah Sop Jeunieb dalam sambutannya menjelaskan, FGD ini diselenggarakan untuk menjaring ide-ide dan gagasan dari berbagai kalangan dalam rangka memperkuat eksistensi institusi pendidikan dayah.

“Di tengah berbagai tantangan aktual yang dihadapi umat Islam dewasa ini, maka kita berharap agar dayah terus eksis dan memberi manfaat untuk Aceh hari ini dan masa depan, ” ujar Ayah Sop Djeunieb.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny. Dalam sambutannya, Usamah menjelaskan berbagai tantangan aktual dalam rangka memperkuat eksistensi dayah di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, FGD yang dilaksanakan ini diharapkan bisa memberikan masukan kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh terkait pengembangan dayah serta merespon isu-isu aktual. Atas nama Pemerintah Aceh, tambah Usamah, Pemerintah Aceh mengapresiasi atas perhatian dan kepedulian PB HUDA dalam setiap momentum untuk memberi masukan-masukan positif kepada Pemerintah Aceh.

“HUDA adalah mitra strategis Pemerintah Aceh, tentunya dengan dukungannya akan banyak konsepsi-konsepsi yang dapat dilakukan terhadap perkembangan pendidikan dayah di Aceh. Oleh sebab itulah, peran dan dukungan dari semua abu-abu selaku pimpinan dayah dalam kontribusinya terhadap masa depan pendidikan Dayah di Aceh,” ujar Usamah El Madny.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK