14 Rumah di Abdya Rusak Diterjang Ombak

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Sebanyak 14 rumah warga di Gampong Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu pagi dihamtam ombak setinggi 5 meter. Selain rumah warga, ombak juga membuat abrasi di pesisir pantai Jilbab semakin meluas.

“Saat ini tim gabungan sudah berada di lokasi memberi bantuan terhadap warga yang terkena musibah bencana,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBK) Abdya, Amiruddin, Minggu (21/7/2019).

Amiruddin mengatakan, dari 14 rumah warga tersebut, dua di antaranya mengalami rusak parah. Untuk mengatasi abrasi pantai tersebut, kata Amir, dibutuhkan biaya yang cukup besar, setidaknya menghabiskan mencapai Rp25 miliar.

“Kalau dari kita BPBK kan hanya bisa mengatasinya dengan menggunakan goni dan beronjong. Namun tetap saja pesisir pantai abrasi kalau terjadi gelombang tinggi,” katanya.

Menurut Amir, solusi satu-satunya untuk mengatasi abrasi di pantai Jilbab tersebut adalah membangun tanggul permanen dengan menggunakan batu gajah (break water).

“Jadi terkait pembuatan batu gajah di pesisir pantai Jilbab, kita harus koordinasi dengan pihak Dinas Perikanan dulu,” tutur Amir.

Pantauan aceHTrend di lapangan, sejumlah tim gabunagan TNI, Polri, BPBD dan Tagana besiga di tempat kejadian serta melakukan pembersihan dan memasukkan pasir ke dalam goni.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK