Mualem Minta Nova Iriansyah Jangan Membisu Soal Dana Hibah

Muzakir Manaf atau akrab disapa Mualem (Foto: aceHTrend/Taufik)

ACEHTREND.COM, Banda Aceh- Kisruh soal dana hibah dalam APBA 2019 yang hingga bulan Juli belum bisa dicairkan karena berbagai hal, membuat Ketua Umum Partai Aceh H. Muzakir Manaf angkat bicara. Melalui Juru Bicara PA Muhammad Saleh, Mualem minta Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah agar jangan diam terkait persoalan tersebut.

Dalam rilis yang diterima aceHtrend, Minggu (21/7/2019) atas nama Mualem, Muhammad Saleh mengatakan Muzakir Manaf dapat memahami persoalan realisasi anggaran APBA 2019, yang kini sedang menjadi perhatian masyarakat Aceh, khususnya bantuan hibah untuk dayah dan pesantren di Aceh.

Pun demikian, menurut Mualem, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah tidak boleh membiarkan persoalan tersebut berlarut-larut. Sebab akan memberi efek negatif bagi Pemerintah Aceh.

Dalam UU Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh, dayah dan pesantren itu merupakan urusan wajib lainnya, sesuai kekhususan Aceh. Dayah dan pesantren adalah lembaga mainstream (arus utama). Jadi, bila ini terhambat, akan memunculkan disharmoni antara Pemerintah Aceh dengan ulama. Ini akan mengakibatkan banyak piranti lain yang terganggu.

“Jadi, jika kemudian muncul persoalan dan alasan aturan, ini yang patut kami pertanyakan. Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah tidak boleh diam serta membiarkan persoalan ini menjadi “liar” dalam masyarakat,” kata Jubir PA, Muhammad Saleh.

Program hibah untuk dayah dan pesantren di Aceh, lanjut Saleh, tidak semata-mata soal regulasi. Tapi, perlu ada kebijakan dan keputusan politik dari Pemerintah Aceh bersama Forkompimda Aceh.

“Dalam hal ini diperlukan komunikasi efektif antara eksekutif dan legislatif, untuk mencari jalan keluar sehingga bisa terealisasi dengan baik. Sebab, bantuan hibah tersebut juga untuk rakyat Aceh, khususnya dayah dan pesantren. Apalagi, sampai meninggalkan Silpa triliunan rupiah,” ujar saleh mengulang pernyataan Mualem.

Ia melanjutkan, Partai Aceh mendesak Pemerintah Aceh, DPR Aceh dan Forkompimda Aceh segera duduk bersama dan mengkonsultasikan masalah ini kepada Kemedagri RI di Jakarta.

Belum Menjawab

Hingga saat ini, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah belum memberikan tanggapan terkait harapan Muzakir Manaf. Sementara itu Juru Bicara Pemerintah Aceh Wiratmadinata, mengatakan sedang kurang sehat. []

KOMENTAR FACEBOOK